SEMARAPURA, BALIPOST.com – Gempa yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu telah memicu kerusakan bangunan. Hal tersebut memantik keprihatinan pemerintah Kabupaten Klungkung.

Meringankan beban warga yang terdampak, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun lembaga lainnya mengumpulkan dana bantuan. Penyerahan secara simbolis dilakukan Bupati I Nyoman Suwirta, Jumat (21/9).

Dana yang terkumpul mencapai Rp.141.768.000. Dari jumlah tersebut Rp 75.000.000 diserahkan untuk korban gempa bumi Lombok melalui BPBD Provinsi NTB, diterima Sekretaris BPBD, Najib, SH. Sedangkan sisanya Rp 66.768.000 diserahkan untuk Pura Penataran Agung Rinjani, Dusun Kebaluan, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Bantuan diterima Panitia Pembangunan Pura, Anak Agung Bagus Arimbawa didampingi Jero Mangku Gde Made Arta.

Bupati Suwirta menyampaikan bencana tersebut mengetuk hati jajaran pegawai Pemkab Klungkung untuk membantu sesama. Para ASN ini selanjutnya mengumpulkan dana sukarela untuk disumbangkan kepada para korban yang membutuhkan.

Dana bantuan itu juga bersumber dari sumbangan siswa dan beberapa lembaga lainnya. “Kita datang dengan niat tulus, apapun yang terjadi kami juga merasakan,” ujarnya.

Selain menyerahkan bantuan, bupati asal Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida ini juga sempat berbincang dengan sejumlah warga korban gempa. Diharapkan bencana yang telah merenggut korban ratusan jiwa dan kerusakan bangunan itu terjadi lagi.

Baca juga:  Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona Kemenpar RI

Sementara untuk dana bantuan yang disalurkan, diharapkan bisa meringankan beban para korban bencana. “Semoga bantuan ini bermanfaat dan bencana serupa tidak terjadi lagi,” harapnya.

Panitia Pembangunan Pura, Anak Agung Bagus Arimbawa menyampaikan terima kasih atas perhatian, sumbangsih dan kepeduliannya. Dana bantuan ini akan digunakan untuk melengkapi perbaikan palinggih yang rusak, yakni Padmasana/Sanggaran, Pengaruman, Padma Tiga dan beberapa pelinggih lainnya. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemkab Klungkung,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris BPBD Provinsi NTB, Najib, SH menyampaikan kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi lima Kabupaten di pulau Lombok dan dua Kabupaten di pulau Sumbawa dan Sumbawa Barat. Saat ini, katanya telah dilakukan penanganan transisi, yakni langkah percepatan pemulihan dari bencana.

Disebutkan, untuk bantuan dari Pemkab Klungkung ini nantinya akan disalurkan kepada korban gempa bumi sesuai kebutuhan. “Untuk bantuan dari Kabupaten Klungkung atas nama pos komando gempa bumi Lombok nanti kita transfer ke rekening masyarakat sesuai kebutuhan,” sebutnya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.