JAKARTA, BALIPOST.com – Pengundian nomor urut peserta Pilpres 2019 digelar Jumat (21/9) malam. Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno melakukan cara masing-masing untuk memeriahkan acara pengambilan nomor urut itu.

Paslon Prabowo-Sandi didampingi pimpinan parpol Koalisi Indonesia Adil Makmur melakukan long march dengan titik kumpul dimulai dari posko pemenangan yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut mendampingi Prabowo-Sandi bersama sejumlah elit Demokrat seperti Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan. Juga Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) dan Siti Hediati Soeharto (Titiek Soeharto).

Prabowo-Sandi diiringi oleh relawan dan tim pemenangan yang tiba di KPU lebih dahulu dibanding Jokowi-Ma’ruf dan rombongan. Keduanya datang bersamaan menumpangi satu mobil yang sama. Prabowo duduk di bangku depan sebelah kiri, sedangkan Sandiaga duduk di belakang.

Prabowo-Sandi tampak memasuki KPU lebih dulu. Prabowo mengenakan kemeja berwarna putih dengan peci hitam. Sementara AHY mengenakan jas berwarna biru dengan peci hitam. Ada juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, serta pimpinan parpol Koalisi Indonesia Adil Makmur.

Mereka datang dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, seperti ‘Indonesia Raya’, ‘Maju Tak Gentar’, dan ‘Halo-halo Bandung’. Para pendukung juga membawa spanduk dan poster bergambar wajah Prabowo dan Sandiaga serta bendera Merah Putih. Lagu ‘2019GantiPresiden’ karya Sang Alang juga terdengar dinyanyikan. Sembari berjalan, relawan Prabowo-Sandi meneriakkan ‘Prabowo presiden!’ berulang kali.

Baca juga:  Jokowi : Projo Bukan Relawan Kardus

Berselang 30 menit, pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin tiba di KPU. Mereka menaiki mobi Land Rover yang dihias lampu warna warni yang berangkat dari titik kumpul di Tugu Proklamasi.

Jokowi-Ma’ruf tiba di kantor KPU, pukul 19.50 WIB. Mereka menumpangi mobil dengan berdiri di mobil bak terbuka itu. Keduanya melambaikan tangan ke para pendukung.

Mendampingi di mobil, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Erick Thohir. Para Sekjen parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang tiba terlebih dahulu menyambut paslon yang dijagokannya itu.

Sejak sore, relawan dan simpatisan Jokowi-Ma’ruf sudah berkupul di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Jarak dari Tugu Proklamasi ke Gedung KPU sekitar 1 kilometer.

Lagu “Meraih Bintang” yang dikenal saat Asian Games 2018 milik Via Vallen diputar, pembawa acara seketika naik ke atas panggung dan membakar semangat para simpatisan dengan meneriakan “Jokowi Lagi”. Ratusan simpatisan tersebut mayoritas mengenakan pakaian berwarna putih dan merah.

Semakin malam, simpatisan Jokowi-Ma’ruf kembali berdatangan dan memadati Tugu Proklamsi. Para simpatisan tersebut terdiri dari beberapa elemen. Di antaranya, Bara Baja (Barisan Relawan Bhineka Jaya), Jangkar BeJo (Bela Jokowi), Jokowi Center, Projo dan lainnya. Ratusan simpatisan tersebut mayoritas mengenakan pakaian berwarna putih dan merah.

Tampak pula ondel-ondel dan kelompok marching band yang telah bersiap memeriahkan perjalanan Jokowi dan Ma’ruf Amin menuju Gedung KPU. Setelah dari KPU, Jokowi-Ma’ruf kemudian kembali lagi ke Tugu Proklamasi untuk melakukan orasi politik. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.