Peluncuran buku karya dosen, Kamis (20/9) mempermanis pekan perayaan HUT ke-60 dan BK ke-37 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud. (BP/sos)

DENPASAR.BALIPOST.com- Peluncuran buku karya dosen, Kamis (20/9) mempermanis pekan perayaan HUT ke-60 dan BK ke-37 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unud. Hari jadi fakultas pertama perguruan tinggi terbesar di Bali ini jatuh 29 September, namun puncak perayaan dilaksanakan 24 September 2018.

Terdapat 15 judul buku diluncurkan Dekan FIB Unud Prof. Dr. Sutjiati Beratha, M.A. disaksikan para dosen dan mahasiswa di Aula Widya Sabha kampus setempat. Acara ini pun disusul dengan orasi ilmiah yang dibawakan Dosen Antropologi, Dr. Bambang Dharwiyanto Putro, S.S., M.Hum.

Dekan Prof. Sutji menyatakan karya dosen tersebut merupakan kontribusi akademik dalam pengembangam ilmu pengetahuan. Rencana peluncuran buku sudah dirancang jauh awal untuk mendorong dosen untuk menulis.

“Kami terus mendorong dosen untuk menulis. Menulis buku tak hanya sumbangan untuk ilmu, tetapi juga sebuah catatan sejarah kompetensi penulisnya. Bagi yang tidak menulis, tidak akan memiliki sejarah,” ujarnya.

Buku karya dekan perempuan pertama FIB ini dan Tim Penyusun juga turut diluncurkan. Berjudul Kamus Tanaman Obat dalam Lontar Usadha Taru Pramana. Selain itu, ada pula karya Prof.(em.) Dr. Nyoman Kutha Ratna, S.U., berjudul Cara Praktis Menulis dan Menerbitkan Karya Ilmiah Makalah, Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi dan Buku. Sementara itu, untuk buku lain juga tak kalah menarik. Ada tentang teks, referensi, biografi, dan buku sastra termasuk cerita bergambar berbahasa Bali. Buku-buku itu akan menjadi koleksi perpustakaan FIB dan perpustakaan Unud Pusat. Beberapa karya juga akan dipajang dalam ekspo Dies Natalis Unud, 29 September 2018.

Baca juga:  Service Motor Honda di AHASS Bali Dapatkan Tambahan Hadiah

Prof. Sutji secara khusus menyampaikan apresiasi kepada almarhum Prof. I Nyoman Kutha Ratna yang menulis banyak buku. Ia merupakan pesiunan guru besar dari Prodi Sastra Indonesia. Dalam acara peluncuran itu, almarhum Prof. Kutha Ratna diwakili putrinya, Dr. Diana, yang meraih gelar doktor linguistik di FIB Unud.

Ketua panitia seksi pelucuran buku dan orasi, Anak Agung Ayu Rai Wahyuni, M.Si., menyampaikan karya tersebut sebagian kecil kekayaan kreativitas, aktivitas menulis dan penelitian dosen FIB Unud. (sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.