Shinzo Abe. (BP/Dokumen)

TOKYO, BALIPOST.com – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menang dalam pemilihan ulang sebagai pemimpin dalam partainya, Kamis (20/9). Dikutip dari AFP, kemenangannya ini memuluskan jalannya menjadi PM terlama yang berkuasa di Jepang dan merealisasikan mimpinya mereformasi konstitusi.

Pria berusia 63 tahun ini berhasil menang 553 suara dibandingkan lawannya, mantan Menteri Pertahanan, Shigeru Ishiba yang memperoleh 254 suara dalam pemilihan pemimpin Partai Liberal Demokratik. Kemenangan ini secara efektif menjadikan Abe, tiga tahun tambahan sebagai PM.

Baca juga:  Jepang Tangguhkan Dana Untuk Badan Pengungsi Palestina

Jika mampu bertahan dalam kurun waktu itu, Abe menjadi PM terlama yang menjabat di Jepang, memecahkan rekor PM terlama Jepang, Taro Katsura, yang memimpin selama 3 periode, dari 1901 – 1913.

“Pertempuran sudah berakhir. Mari bangun Jepang yang baru dengan bersatu dan bergandengan tangan,” kata Abe dengan tersenyum.

Menurut Guru Besar Politik Universitas Meiji, Shinichi Nishikawa, pemilihan tersebut merupakan referendum yang sukses dinegosiasikan oleh Abe. Namun, Nishikawa menilai Abe tidak sepenuhnya menerima hasil pemilihan karena tidak menang mutlak.

Baca juga:  Malam Budaya Awali Rangkaian Kongres V PDIP

Setelah memastikan kekuasaannya, Abe akan menuju ke New York minggu ini untuk menghadiri pertemuan PBB dan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *