Ilustrasi. (BP/istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Apple resmi merilis pembaruan untuk perangkat lunaknya, iOS 12. Selain itu, perusahaan yang identik dengan iPhone ini merilis watchOS 5 dan tvOS 12.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, OS terbaru tersebut datang dengan fokus yang kuat pada kinerja, terutama dalam hal yang berhubungan dengan perangkat yang lebih tua, seperti iPhone 6. Dalam beberapa kasus, membuka aplikasi diklaim bisa 70 persen lebih cepat, dengan keyboard muncul dalam separuh waktu seperti sebelumnya.

Salah satu fitur baru adalah Siri Shortcuts untuk aplikasi iOS, di mana asisten virtual Apple tersebut sekarang mendukung rutinitas dengan beberapa tindakan. Aplikasi Shortcuts tersebut dibuat untuk merampingkan tugas. Dikutip dari situs resmi Apple, pengguna dapat menggunakan suara mereka untuk menjalankan Shortcuts, mempermudah menggunakan aplikasi favotrit mereka.

Ada pula fitur Memoji, personalisasi Animoji yang dapat dibuat dan disesuaikan langsung di dalam aplikasi Pesan. Efek kamera baru menghadirkan Animoji, Filter, Teks, dan Stiker ke aplikasi Pesan dan FaceTime. Dengan Filter pengguna dapat membuat wajah mereka seperti komik, stiker tersebut dapat tersimpan di paket stiker iMessage.

iOS 12 juga membawa fitur Screen Time yang memungkinkan pengguna memahami dan mengendalikan waktu yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan perangkat. Akan ada laporan aktivitas harian dan mingguan yang menunjukkan total waktu yang dihabiskan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi. Selain itu, juga ada App Limit yang memungkinkan pengguna mengatur waktu yang dihabiskan dalam aplikasi.

Baca juga:  Kuartal II 2018, IDC Sebut Produsen Handphone Ini Masih Kuasai Pasar

Screen Time juga memberi orang tua akses kepada perangkat iOS yang digunakan anak-anaknya lewat laporan aktivitas menggunakan Family Sharing di iCloud. Mode Jangan Ganggu kini juga dapat berakhir secara otomatis berdasarkan waktu, lokasi, atau tindakan tertentu.

Pengguna juga mendapatkan lebih banyak opsi untuk mengelola pemberitahuan, dan notifikasi iOS akhirnya dikelompokkan berdasarkan aplikasi. iOS 12 meluncur ke iPhone 5s dan perangkat yang lebih baru, semua model iPad Air dan iPad Pro, iPad 5, iPad 6, iPad mini 2 dan yang lebih baru, dan iPod touch generasi ke-6.

Apple juga menghadirkan pembaruan untuk Apple Watch dengan merilis watchOS 5. WatchOS 5 hadir dengan deteksi latihan otomatis, penyimpanan podcast, dan aplikasi Walkie-Talkie untuk interaksi dengan pengguna Apple Watch lainnya.

Wajah baru untuk arloji pintar Apple tersebut juga menambahkan pelacak aktivitas sehari-hari, seperti Yoga dan hiking. Pengguna kini juga dapat berbicara dengan Siri hanya dengan mengangkat pergelangan tangan ke mulut dan mengucapkan permintaan ke dalam arloji untuk Seri 3 dan yang lebih baru.

Apple juga merilis tvOS 12 untuk Apple TV generasi ke-4 an 4K. tvOS 12 menghadirkan dukungan audio Dolby Atmos untuk film, dan screensaver baru yang lebih interaktif. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.