MANGUPURA, BALIPOST.com – Masalah sampah merupakan isu kritis yang banyak dihadapi oleh negara-negara di seluruh dunia. Indonesia masih menjadi buah bibir sejak dinobatkan sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua didunia ke lautan setelah Tiongkok.

Dalam rangka menyambut “World Clean Up Day” yang jatuh pada Sabtu (15/9), Jimbaran Bay Beach Resort & Spa ditunjuk menjadi koordinator wilayah Jimbaran untuk aksi bersih-bersih sampah yang bertajuk “Suksma Bali.” Hotel yang ada di perbatasan Jimbaran dan Kedonganan ini mengkoordinir para pelaku pariwisata dan masyarakat.

Aksi bersih-bersih digelar mulai pukul 6.30 Wita dihadiri oleh beberapa kompenen masyarakat dan pelaku pariwisata. Pihak hotel yang hadir antara lain Jimbaran Bay Beach Resort & Spa, Prabu Management, PT. Jimbaran Raya, Crystal Kuta, Bali Paradise Heritage Villa, Watermark, dan Ayana Resort & Spa Bali. Ada pula dari The Cuisine, Aroma Bumbu Bali, Matahari Café, Ayola Bali Jimbaran, Kedai Nata 21, Kedonganan Veterinary, Puri Bambu, Banyan Tree Hotel & Resorts, Karma Kandara, Intercontinental Bali, Keraton Jimbaran, Belmond Jimbaran Puri, dan Gendis Villa Jimbaran.

Sementara itu hadir pula WHDI, Satpol PP, dr. Romy Associates, Puskesmas 1 Kuta, Coco Mart dan sejumlah siswa serta perwakilan dari SMPN 1 Kuta Selatan, SDN 1, 5, 7 dan 8 Jimbaran. Total, menurut General Manager Jimbaran Bay Beach Resort & Spa, Christian Gumala, jumlah peserta yang hadir mencapai 1.072 orang.

Baca juga:  Belasan Tahun Tersumbat, Irigasi BSa-5 Dinormalisasi

Seribuan orang ini secara serentak turun langsung ke Pantai Kedonganan melakukan bersih-bersih bersama dan berhasil mengumpulkan sampah organik sebanyak 5 kwintal dan sampah non organik 5 kwintal. Keduanya langsung diangkut oleh mobil pengeruk Desa Kedonganan.

Perwakilan Bendesa Adat Kedonganan, Adi Minarta, menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh stakeholders di kawasan Pantai Kedonganan untuk membersihkan Bali dari sampah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada management Jimbaran Bay Beach Resort & Spa yang telah menginisiasi gerakan kebersihan ini dengan melibatkan dan mengajak berbagai komponen masyarakat Kedonganan, Jimbaran, dan para pengusaha. “Mari ke depan kita tetap bergandengan tangan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Pantai Kedonganan, sehingga Kedonganan terwujud menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia,” ajaknya.

Christian mengatakan kegiatan membersihkan Pantai Kedonganan dari sampah ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan oleh Jimbaran Bay Beach Resort & Spa setiap dua kali sebulan. Diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu mengurangi sampah yang berserakan dan mengembalikan wajah Bali yang asri dan bebas dari sampah. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.