BANGLI, BALIPOST.com – Rencana pembangunan danau buatan di wilayah Desa Suter, Kintamani sebagai salah satu upaya untuk menangani masalah meluapnya Danau Batur, direalisasikan Pemkab Bangli pada 2019. Untuk membangun danau buatan tersebut, anggaran yang akan disiapkan cukup besar, mencapai belasan miliar atau tepatnya Rp 15 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangli Ida Bagus Giri Putra saat dikonfirmasi Minggu (9/9) mengatakan untuk membangun danau buatan tersebut, Pemkab Bangli melalui Dinas PUTRPerkim telah menyiapkan Detail Engineering Design (DED). DED yang telah dibuat pada 2017 itu, saat ini telah dilakukan penyesuaian dengan pola mengikuti inflasi. “Pembuatan DED dibantu dari perwakilan Kementerian PU yang ada di Bali,” kata Giri Putra.

Selain menyiapkan DED, untuk mewujudkan pembangunan danau buatan tersebut, Pemkab Bangli, juga sudah merancang anggaran. Giri Putra mengatakan, adapun besaran anggaran yang dipasang dalam APBD induk 2019 untuk membangun danau buatan sebesar Rp 15 miliar.

Secara umum, dia menjelaskan bahwa danau buatan tersebut dibangun sebagai salah satu solusi mengatasi meluapnya air Danau Batur. Danau buatan nantinya akan dimanfaatkan untuk menampung luapan air danau Batur yang akan diangkat menggunakan teknologi mesin. “Mengenai teknisnya nanti bisa minta penjelasan ke Dinas PU,” terangnya.

Baca juga:  Difungsikan Untuk Ini, Menara Pandang Dibangun di Kawasan Hutan TWA

Ditambahkan Giri Putra, sesuai perencanaan, danau buatan akan dibangun di wilayah Suter. Hanya saja mengenai lokasi lahannya masih belum dipastikan.

Disebutkan ada dua alternatif lahan yang rencananya akan dipakai yakni lahan milik desa dan lahan milik kementerian kehutanan. Mengingat dana yang dibutuhkan untuk membangun danau buatan cukup besar, pihaknya tetap mengharapkan ada dukungan dana dari pemerintah pusat. “Mudah-mudahan tahun 2019, ada anggaran yang bisa diberikan oleh pusat untuk kita,” harapnya.

Meluapnya air Danau Batur selama ini telah mengakibatkan puluhan rumah dan lahan pertanian terendam. Tak hanya itu fasilitas jalan di beberapa desa di pinggir danau juga digenangi air.

Menyikapi hal itu, Bupati Bangli I Made Gianyar beberapa waktu lalu mewacanakan akan membangun sebuah danau buatan di wilayah Suter. Hal ini sebagai salah satu solusi permanen untuk menangani masalah meluapnya air danau.

Nantinya danau buatan itu akan dimanfaatkan untuk menampung luapan air danau yang diangkat menggunakan teknologi otomatis. Sehingga air itu bisa dimanfaatkan oleh wilayah-wilayah yang selama ini mengalami kekurangan air seperti di Suter, Landih, Pengotan dan sekitarnya. (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.