SINGARAJA, BALIPOST.com – Peserta Jambore Nasional (Jamnas) VW ke-49 menggelar pelepasan tukik di Pantai Penimbangan, Sabtu (8/9). Hadir dalam pelepasan tukik ini Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS) yang juga penyuka mobil VW.

Dia didampingi Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, Ketua Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Buleleng Dewa Ketut Suardipa, Ketua Panitia Jamnas VW Indonesia ke-49, Made Rai Ridharta dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Buleleng, Gede Gunawan.

Rai mengatakan, aksi sosial melepas tukik di Pantai Penimbangan ini bagian kegiatan Jamnas VW Indonesia ke-49 yang dipusatkan di Buleleng dari Sabtu (8/9) sampai Senin (10/9). Ia mengatakan, alasan mengajak peserta Jamnas untuk melepas tukik adalah melakukan penyelamatan penyu yang sudah semakin langka.

Selain itu, kunjungan ke Pantai Penimbangan juga untuk mempromosikan obyek wisata di Kota Singaraja ini. Diharapkan akan lebih banyak lagi pengunjung ke Buleleng atau melaksanakan aksi sosial di Pantai Penimbangan. “Misi kami selain ingin tahu konservasi Penyu, ke depan kita ingin mengajak segenap pecinta mobil tua atau komunitas lain untuk peduli dan mendorong konservasi secara swadaya di sini,” jelasnya.

Baca juga:  Setahun, 1,29 Juta Ton Sampah Plastik Bocor ke Laut

Sementara itu, Bupati PAS didampingi Ketua DPRD Gede Supriatna mengatakan, even otomotif seperti Jamnas VW ini adalah pertama kali digelar di daerahnya. Dia mengatakan, kegiatan otomotif sangat dinanti-nanti oleh warga.

Kegiatan Jamnas ini merupakan media untuk mengenal ragam jenis mobil tua yang masih eksis. Selain itu, Bupati menilai kegiatan ini juga ajang untuk mengenalkan potensi Buleleng, utamanya dari sektor pariwisata.

“Dampak jangka pendek sudah terasa. Hotel di kota full booking dan setelah ini kita yakin akan lebih banyak yang tahu tentang potensi daerah kita. Kalau sudah datang tidak saja berwisata, namun seperti penggemar VW ini mereka ke sini melepas tukik di Penimbangan dan ini akan semakin menggelorakan semangat pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Jamnas dimeriahkan pula dengan pentas musik, lomba mewarnai, fashion show, dan pembukaan kontes mobil VW. Acara ini dipusatkan di lapangan Bhuana Patra, Singaraja.

Untuk hari kedua, Minggu (9/9), kegiatan yang tidak kalah menarik adalah drag race mobil VW di lintasan Jalan Ahmad Yani, Singaraja. Selain itu, di lokasi yang sama akan digeber pertandingan ekshibisi slalom mobil VW.(Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.