Ni Wayan Nia Ardina Maharani (tengah) saat mengikuti lomba dokter kecil tingkat Propinsi Bali. (BP/san)

TABANAN, BALIPOST.com – Siswa kelas V SD Negeri 6 Pujungan Pupuan, Ni Wayan Nia Ardina Maharani, meraih juara satu lomba dokter kecil tingkat Propinsi Bali. Dalam kesehariannya sebagai dokter kecil di sekolah, Nia tidak hanya bertugas melakukan P3K bagi teman-temannya yang sakit tetapi juga mengajak mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan utamanya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

‘’Tugas dokter kecil itu adalah memberikan tindakan P3K saat teman sakit. Juga memberikan penyuluhan mengenai kesehatan dan kebersihan lingkungan ke teman-teman,’’ ujar Nia yang sudah menjadi dokter kecil sejak duduk di kelas IV ini.

Ia melanjutkan dalam memberikan P3K dan penyuluhan ia mendapatkan pembinaan dari Puskesmas Pupuan. Sekarang, Nia sudah bisa mengambil tindakan pengobatan pertama jika ada temannya yang pingsan, sakit kepala,  ataupun luka.

Diakui Nia, tantangan menjadi dokter kecil yang ia hadapi bersama 9 dokter kecil di sekolahnya adalah mengubah kebiasaan teman-temannya untuk tidak membuang sampah sembarangan.  Menurutnya masih ada beberapa yang suka lupa dan membuang sampah sembarangan. ‘’Agak susah memang mengubah kebiasaan. Tetapi sebagai dokter kecil, kami terus melakukan penyuluhan ke teman-teman mengenai pentingnya hidup sehat. Biasanya akan diberi waktu untuk melakukan penyuluhan di kelas,’’ ujarnya.

Baca juga:  Puskesmas Minta Tambahan Dokter

Mengenai prestasinya di Propinsi sebagai juara pertama dokter kecil, diakui Nia sama sekali tidak menyangka. Ia menargetkan juara yang diraih setidaknya juara II atau juara III.

‘’Terus terang targetnya bukan juara I. Nia menargetkan kalau juara II ya juara III. Tetapi saat diumumkan, nama Nia tidak disebut untuk juara II dan III,’’ ujar Nia yang bercita-cita menjadi dokter ini. Pada saat pengumuman juara I, ternyata nama Nia lah yang disebut. ‘’Kaget dan senang dapat juara,’’ imbuhnya.

Dengan prestasi ini, anak pasangan I Wayan Agus Partawan dan Ni Made Yeni Werasmita mengaku semakin terpicu untuk lebih berprestasi dan belajar lebih giat. Tentu saja  prestasi ini juga mendorongnya untuk lebih semangat mengajak teman-teman sebaya dan lingkungan sekitarnya untuk semakin menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat. (wira sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.