JAKARTA, BALIPOST.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, menganugerahi Nugra Jasadarma Pustaloka 2018 kepada Media Bali Post, bertempat di Integrity Convention Center, Jakarta Pusat, Kamis (6/9) malam. Sebagai media harian yang diterbitkan di Bali, Bali Post dinilai memiliki dedikasi dalam mengelorakan budaya baca secara terus menerus di Indonesia.

Tak hanya, sebagai salah-satu media terbesar di Pulau Dewata, Bali Post juga dipandang berkontribusi besar bagi kemajuan perpustakaan. Penganugerahan ini dihadiri oleh jajaran Komisi 10 DPR RI, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhamad Syarif Bando beserta jajaran, Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab sejumlah gubernur dan bupati se-Indonesia serta undangan lainnya.

Baca juga:  Bangkitkan Literasi, 30MB di Rumah Baca hingga Warung Kopi

M Syarif Bando dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh penerima yang telah turut berkontribusi dalam mewujudkan budaya membaca dan kemajuan perpustakaan. Pemberian anugerah ini adalah amanat Undang-undang Perpustakaan untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat, media, wartawan yang secara nyata berkontribusi dalam memajukan perpustakaan dan meningkatkan minat baca. “Dengan edukasi yang diberikan mampu mewujudkan amanat dari UUD 45, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Baca juga:  Pasek Suardika akan Serahkan Ketum PKN ke Anas Urbaningrum

Syarif Bando mengakui, jumah perpustakaan yang ada di Indonesia mulai meningkat. Bahkan, 23 provinsi di Indonesia secara depakto membentuk 154 ribu perpustakaan. “Tentunya perpustakaan yang ada tentunya tidak cukup memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan, hasil survei untuk di daerah kota satu buku ditunggu seribu orang, sedangkan di pedalaman satu buku ditunggu belasan ribu orang,” terangnya.

Karena itu, tahun 2019 pengembangan perpustakaan akan menjadi fokus nasional. Bahkan, setiap daerah akan mendapatkan kucuran dana alokasi khusus untuk mengembangkan perpustakaan di daerah-daerah. “Dengan adanya perpustakaan di daerah-daerah diharapkan dapat menumbuhkan minat baca hingga di daerah terpencil,” sebutnya.

Baca juga:  Buka Pimnas, Menristekdikti Harap Lahir Unicorn Baru

Penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka diberikan kepada birokrat, masyarakat, pers, dan jurnalis/penulis. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *