Pelaksanaan tes urine di jajaran Polres Tabanan. (BP/bit)

 

TABANAN, BALIPOST.com – Secara mendadak, usai apel upacara seluruh perwira di lingkungan Polres Tabanan, Selasa (4/9) dites urine dengan menggandeng BNNK Kabupaten Badung. Pemeriksaan urine ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Tabanan.

Kasubag Humas Polres Tabanan AKP I Gede Surya Kusuma menjelaskan usai apel upacara bendera, secara mendadak Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa memerintahkan seluruh anggota dan perwira melakukan tes urine.

Menurutnya, kegiatan ini untuk memastikan seluruh anggota Polres Tabanan bebas dari narkotika. Mulai dari para kapolsek, para kasat, anggota Sat narkoba, Sat reskrim, intelkam, kanit dan anggota buser serta seluruh anggota polsek-polsek di seluruh kabupaten Tabanan semua secara bergantian dites urine. “Sebanyak 58 anggota dan perwira di Polres Tabanan dites urine, hasilnya negatif,” ucapnya.

Tes urine lanjut kata Surya diambil secara acak dengan mengambil air seni (kencing) setiap anggota. Dari tes urine yang dilakukan hasilnya negatif. Jadi semua jajaran anggota Polres Tabanan nihil terindikasi narkoba.

Baca juga:  Indikasi Penyalahgunaan Narkoba Meningkat, Dibentuk BNK Buleleng

Kegiatan ini merupakan program dari Polres Tabanan dengan menggandeng BNNK Badung. Setiap tahun akan terus dilakukan, mungkin saja dapat dilakukan nanti setiap bulan. Agar benar-benar dapat memastikan anggota Polres Tabanan steril bersih dari narkoba.

“Cukup satu anggota yang sudah terindikasi dan itu sudah terlanjur. Jangan sampai ada lagi dan terulang kembali dengan kasus yang sama,” tegasnya.

Sementara itu Kepala BNNK Badung AKBP Ni Ketut Masmini mengatakan tes urine dilakukan agar penegak hukum di lingkungan Polres Tabanan bersih dari narkoba. Kemudian dalam tugas nantinya dapat memberikan contoh kepada masyarakat bahwa aparat penegak hukum bersih dari narkoba.

“Tes urine mengambil sampel secara acak sebanyak 58 anggota yang dites urine hasil negatif. Tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkoba di Polres Tabanan,” tandasnya. (puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.