Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, Tukad Unda akan ditata. (BP/sos)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kunjungan ke Objek Wisata Tukad Unda, perbatasan Kelurahan Semarapura Kangin, Kecamatan Klungkung dan Desa Paksebali, Kecamatan Dawan cukup ramai. Terlebih ketika musim liburan tiba.

Saat ini, banyak yang memanfaatkan objek tersebut sebagai tempat berswa foto. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mewacanakan adanya penataan bantaran di sekitarnya untuk memberikan kesan lebih menarik.

Bupati asal Nusa Ceningan, Kecamatan Nusa Penida ini mengatakan penataan tersebut akan dilakukan pada tanah negara di utara bendung yang masuk wilayah Kelurahan Semarapura Kangin. “Itu tanah negara. Tetapi tak banyak yang tahu. Itu baru disertifikatkan,” jelasnya.

Baca juga:  Pj Gubernur Bali Apresiasi Peran Aktif Krama Istri Majukan Adat dan Budaya

Disampaikan, konsep tengah dipersiapkan. Direncanakan, tanah tersebut akan disulap menjadi tempat perkemahan dan diisi lintasan motor cross. “Tentu jalan masuknya akan diperbaiki juga,” sebutnya. Disampaikan lebih lanjut, melalui itu, kunjungan wisatawan bisa semakin meningkat sehingga mampu berimbas pada perekonomian warga di sekitarnya. “Ini untuk melengkapi wisata yang sudah ada,” imbuhnya.

Lurah Semarapura Kangin, I Wayan Sudarma mendukung jika penataan itu bisa terealisasi. Dinilai akan mampu memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat. “Kunjungan bisa semakin ramai. Masyarakat juga bisa mendapat lapangan pekerjaan. Kami mendukung sekali itu,” jelasnya.

Baca juga:  Dua Orang Pendaki Tersesat di Gunung Batukaru

Saat ini, katanya kunjungan wisatawan cukup banyak. Beberapa juga ada yang sengaja foto praweding. “Dengan ada objek tambahan baru, wisatawan akan bisa lebih lama berkunjung,” ucapnya.

Kunjungan di Desa Paksebali juga cukup ramai. Pihak desa pun tengah gencar melakukan penataan, termasuk membangun sejumlah fasilitas pendukung. (Sosiawan/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *