VAR
Ilustrasi. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem terus gencar melaksanakan imunisasi Measles Rubella (MR) yang telah dilaksanakan secara serentak mulai awal Agustus untuk mengejar target sasaran. Sejauh ini pelaksanaan imunisasi MR di Gumi Lahar itu telah mencapai target 55,41 persen atau sekitar 55.677 anak yang telah mendapatkan imunisasi itu.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Karangasem, I Ketut Subawa didampingi Kasi Survailance Bencana dan Imunisasi Ni Nyoman Artini, Sabtu (1/9) mengungkapkan, sasaran target anak yang wajib mendapatkan imunisasi MR sebanyak 103.403 orang. Dari target tersebut capaian imunisasi yang sudah dilakukan telah mencapai 55,41 persen atau 55.677 orang.

“Imunisasi ini dilaksanakan setiap hari oleh petugas di masing-masing puskesmas yang ada di semua kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk anak-anak yang belum sekolah akan dilaksanakan September. Tapi, kadang-kadang ada saja yang belum sekolah melakukan imunisasi ini di puskesmas. Kita juga langsung memberikan pelayanan ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Baca juga:  Wabah Difteri Merebak di 10 Kabupaten di Jatim, Banyuwangi Percepat Imunisasi Balita

Subawa menambahkan, anak-anak yang usianya 9 bulan sampai 15 tahun memang diwajibkan untuk mendapatkan imunisasi MR ini. Sebab, imunisasi untuk memberikan kekebalan tubuh kepada anak-anak.

“Untuk gejala-gejala anak yang terkena birus ini biasanya badanya panas, sakit kepala, badannya ada bintik-bintik merah. Dan dapat mengakibatkan cacat pada anak usia dini sedangkan jika terinfeksi rubella terhadap ibu hamil di masa kehamilan, bayi lahir dapat mengalami kelainan salah satunya kelainan jantung dan yang lainnya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Karangasem yang memiliki anak usia 9 bulan sampai 15 tahun supaya bisa datang ke pelayanan-pelayanan yang sudah disediakan untuk mendapatkan imunisasi MR ini secara gratis. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.