Seorang pengendara motor melintas di dekat Rumah Dinas Bupati Buleleng yang akan ditata menjadi RTH. (BP/dok)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Pemkab Buleleng terus menambah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sejumlah lokasi. Sekarang ini giliran halaman rumah dinas Bupati di Jalan Ngurah Rai, Singaraja sebagian disulap menjadi RTH terbaru.

Untuk membangun kawasan ini, Dinas Perumahan Permukiman Pertanahan (Perkimta) Buleleng mengaloaksikan anggaran senilai Rp 1,3 miliar. Selain untuk dimanfaatkan warga Kota Singaraja, RTH di kawasan rumah dinas Bupati ini mendukung pengembangan kawasan Sukarno Heritage.

Pembangunan RTH di rumah dinas Bupati ini sudah tahap pekerjaan awal. Sebelumnya, Dinas Perkimta Buleleng telah mengumumkan lelang pembangunan RTH ini dengan menetapkan pemenang lelang rekanan lokal Buleleng CV. Prassetya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perkimta Buleleng, Ni Komang Surattini, Kamis (30/8), mengatakan, berdasarkan perencanaan RTH di rumah dinas Bupati ini dibangun dengan menyulap areal kosong di sebelah selatan jalan masuk menuju rumah dinas Bupati saat ini. Pintu masuk ke rumah dinas ini akan dibuat lurus ke timur sampai di lobi rumah dinas.

Untuk membatasi antara jalan masuk ke rumah dinas dengan areal RTH, Perkimta akan membangun pagar permanen. Terkait vegetasi tanaman yang ada saat ini, Surattini menyebut semua tanaman utamanya pohon perindang dan sangkar burung di atas lahan itu akan tetap dipertahankan. Ini karena untuk menambah kesan hijau dari areal RTH ketiga di Kota Singaraja setelah RTH Taman Yoana Asri, Banyuasri, dan Taman Kebangsaan di Kelurahan Kampung Tinggi, Singaraja.

Baca juga:  Jamnas VW ke-49, Peserta Lakukan Pelepasan Tukik di Penimbangan

Menurut mantan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) ini, untuk pengerjaan tahap awal rekanan akan membuat pertamanan dilengkapi dengan jogging track, dan areal permainan untuk anak-anak. Selain itu, juga akan dibuat boulevard untuk membatasi antara pertamanan dengan lintasan jogging track dan juga areal permainan anak-anak.

Setelah pengerjaan tahap awal ini, tahun berikutnya pembangunan RTH ini akan kembali dilakukan untuk melengkapi areal parkir bus dan kendaraan kecil. Areal parkir ini akan dibangun dengan menyulap gedung Wanita Laksmi Graha tepat di sebelah barat Tugu Singa Ambararaja. “Pengerjaan lanjutannya nanti adalah penyiapan areal parkir bus dan kendaraan kecil lain,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana (PAS) didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekkab Buleleng Ketut Suwarmawan mengatakan, pembangunan RTH untuk menambah fasilitas publik di Bali Utara yang indah, asri dan nyaman bagi warga Kota Singaraja. Selain itu, dengan semakin banyak lahan yang dimanfaatkan RTH, Bupati yakin kalau penampilan Kota Singaraja semakin tertata. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.