Petinggi AD Australia mengunjungi Makodam IX/Udayana. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Walau disibukkan dengan penanganan gempa di Lombok, NTB, personel Makodam IX/Udayana, Denpasar, tetap melaksanakan tugas pokok dan rutinnya. Pada Selasa (28/8), Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, mewakili Pangdam Mayjen TNI Benny Susianto, menerima kunjungan rombongan kehormatan Delegasi Angkatan Darat (AD) Australia dipimpin Wakil Kepala Staf, Mayor Jenderal Justin Jake Ellwood.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Army to Army Staff Talk 2018 antara TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Australia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bali selama empat hari, mulai 27 sampai 30 Agustus 2018.

Pada kesempatan tersebut, Kasdam Brigjen Kasuri saat membacakan sambutan Pangdam berharap kegiatan seperti ini di samping sebagai sarana untuk bersilaturahmi, juga dijadikan wahana untuk saling bertukar informasi atas dasar persahabatan dan saling menghormati.
Mengawali pertemuan itu, Kasdam menyampaikan tugas pokok dan implementasinya sebagai penjabaran pelaksanaan tugas TNI AD di bidang pertahanan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), menjaga keamanan wilayah perbatasan darat Indonesia dengan RDTL dan pulau-pulau terluar, melaksanakan pembangunan dan pengembangan pembinaan kekuatan matra darat dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Baca juga:  Agustus, TNI/Polri Bagikan 720 Bendera

Selain itu disampaikan, antara Indonesia dan Australia memiliki hubungan kerja sama diplomatik yang sangat baik. Untuk dapat melangsungkan pembangunan ekonomi dan pertahanan masing-masing negara, maka dibutuhkan situasi yang kondusif.

Salah satu peran strategis untuk mendukung kelancaran pembangunan di bidang pertahanan adalah keberadaan Tentara Nasional Angkatan Darat di masing-masing negara.
“Oleh karena itu, kunjungan seperti ini mempunyai nilai strategis dan sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama antara Angkatan Darat Indonesia dengan Angkatan Darat Australia,” ujarnya.

Melalui kunjungan resmi ini dapat bertukar informasi, saling memberi masukan atau semacam studi banding guna mengoptimalkan peran dan tugas Tentara Nasional Angkatan Darat kedua negara.

Sedangkan Mayor Jenderal Justin Jake Ellwood, mengapresiasi dipaparkannya tugas pokok Kodam IX/Udayana dan implementasinya dalam melaksanakan tugas pertahanan sebagai bagian dari TNI. Terkait musibah gempa di Lombok, ia menyampaikan momen ini merupakan kesempatan emas bagi TNI AD untuk berbakti dalam mengatasi kesulitan warga Lombok. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.