Petugas Damkar Karangasem memadamkan api saat kebakaran di bale dangin milik Jro Gede Saputra. (BP/istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Peristiwa kebakaran rumah kembali terjadi di Karangasem. Kali ini kebakaran menimpa bangunan rumah bale dangin milik Jro Gede Saputra asal Banjar Abian Jero, Desa Ababi, Abang, Karangasem, Minggu (26/8). Kebakaran diduga akibat puntung rokok yang belum dimatikan oleh salah satu kerabat yang mengalami gangguan kejiwaan.

Berdasarkan informasi, kebakaran terjadi pada pukul 05.00 Wita. Pemilik rumah dalam keadaan tidur lalu mendengar suara telupan.

Setelah melihat keluar, api sudah membesar di bangunan bale dangin. Melihat api berkobar besar, korban langsung berteriak minta tolong. Namun besarnya kobaran api, membuat warga tidak mampu memadamkan. Mobil pemadam kebakaran Pemkab Karangasem datang berselang beberapa menit kemudian dan membutuhkan waktu sejam untuk pemadaman.

Baca juga:  Angkut BBM, Mobil Pick Up Terbakar

Salah seorang keluarga korban, Ni Wayan Putu Suardani, mengatakan, warga sempat ikut membantu memadamkan kobaran api. Akan tetapi, besarnya kobaran api yang melalap seluruh bangunan membuat masyarakat kewalahan memadamkannya. “Api terus membesar. Sedangkan selang air kecil,” katanya.

Suardani menambahkan, untuk memadamkan api, warga dibantu sejumlah petugas dari Pemadam Kebakaran Karangasem. “Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam,” katanya.

Kadis Damkar Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa mengatakan, untuk memadamkan kobaran api pihaknya menerjunkan empat mobil damkar. “Api diduga akibat puntung rokok yang belum dimatikan oleh salah satu penghuni rumah yang mengalami gangguan jiwa. Kerugian material akibat kejadian ini mencapai puluhan juta rupiah,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.