MANGUPURA, BALIPOST.com – Selalu ada perayaan unik dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Dari mengenakan kostum unik hingga melaksanakan upacara bendera di tempat yang tidak biasanya.

Seperti halnya dilakukan warga Banjar Blungbang, Desa Penarungan, Mengwi, Jumat (17/8). Puluhan warga desa yang telah berkumpul sejak pagi melaksanakan upacara di sungai.

Masyarakat semangat menyambut HUT RI meski di tengah guyuran hujan. Upacara bendera diinisiasi Sekaa Teruna (ST) Acarya Perkasa bersama masyarakat setempat dengan inspektur upacara Kelian Banjar Blungbang, I Wayan Ladra Wijaya.

Hadir Pula tokoh masyarakat, Wayan Suyasa, Pekaseh Subak Penarungan, Made Sukayasa dan sejumlah tokoh masyarakat Desa Penarungan. Wayan Suyasa mengatakan kegiatan unik yang dilakukan di sungai Subak Penarungan menunjukan perhatian masyarakat terhadap air yang telah membantu dalam pertanian di Desa Penarungan.

Baca juga:  Epilepsi Kambuh Saat Mandi, Jamin Tewas Tenggelam di Sungai

“Kegiatan ini merupakan semangat masyarakat kami dalam memberikan penghormatan kepada para pejuang yang telah berjasa kepada bangsa ini,” ucapnya.

Kegiatan tersebur, kata Ketua Komisi I DPRD Badung itu juga diperuntukan sebagai ajang pemersatu warga banjar. Dengan kegiatan ini diharapkan persatuan warga Banjar Blungbang semakin erat.

Kelian Banjar Blungbang, I Wayan Landra Wijaya, juga mengungkapkan, kegiatan upacara di sungai ini baru kali pertama dilakukan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan alur sungai sebagai atraksi wisata di Desa Penarungan, karena Desa Penarungan sudah disiapkan menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Badung.

“Mereka yang dilibatkan dalam upacara ini adalah ST Banjar serta masyarakat Banjar Blungbang. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai kegiatan bersih lingkungan dalam program Desa Menuju sebagi Desa Wisata di Badung,” terangnya. (Parwata/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.