Dermaga II Padangbai mengalami kerusakan. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dermaga II di Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Manggis, Karangasem mengalami kerusakan akibat ditabrak ramdor kapal saat bersandar. Kondisi tersebut, pemaksa pihak ASDP hanya mengoperasikan dermaga I untuk bongkar muat kapal.

Manajer Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Padangbai, I Wayan Rosta, Rabu (15/8), mengakui jika dermaga II pelabuhan mengalami kerusakan dan pihaknya telah melakukan perbaikan terhadap dermaga yang rusak. Kata dia, untuk penguatan dermaga dengan pemasangan tiang pancang yang nantinya dermaga akan berfungsi seperti dermaga plengsengan sampai akan  dilakukan pengecoran beton. “Pekerja sekarang masih melakukan proses berbaikan,” ungkapnya.

Rosta mengatakan, perbaikan yang dilakukan ini sifatnya sementara agar bisa dilakukan bongkar muat kapal. Sedangkan untuk perbaikan dermaga secara menyeluruh bakal dilakukan secepatnya. “Untuk perbaikan secara total masih dalam tahap lelang,”ujarnya.

Baca juga:  Disoroti, Bangkai Kapal di Dermaga Rakyat Padangbai

Rosta menegaskan, jika antrean kendaraan di dermaga tidak terlalu panjang. Karena kendaraan yang bakal melakukan penyeberangan masih terkondisi di dalam pelabuhan. “Antrean tidak sampai panjang sekali. Masih di dalam pelabuhan. Dan untuk mengantisipasi antrean panjang kita akan mempercepat proses bongkar muat. Biasanya waktu bongkar muat selama 60 menit kita upayakan hanya 40 menit,” tegasnya.

Salah seorang, Security di Pelabuhan Padangbai, I Ketut Agus, mengatakan, jika tidak difungsikannya dermaga II karena masih dalam proses perbaikan, membuat antrean truk espedisi yang yang bakal melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Lembar Lombok, menumpuk di areal pelabuhan hingga ke luar pelabuhan. “Antrean sampai ke luar pelabuhan. Tapi tidak sampai meluber panjang,” terangnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.