Karnaval memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Klungkung. Ini sebagai salah satu media pelestarian kearifan lokal. (BP/adv)

PERINGATAN Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Kabupaten Klungkung tak sebatas diramaikan lomba gerak jalan. Namun juga Karnaval tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga SMA/SMK. Lomba ini diisi dengan pementasan sederet kearifan lokal, seperti permainan tradisional maupun cerita rakyat.

Khusus untuk lomba tingkat TK dan Sekolah Dasar (SD), diikuti tiga sekolah  dari masing-masing kecamatan di Klungkung daratan, yakni Banjarangkan, Klungkung dan Dawan. Ketua Panitian, Ketut Suastana menyatakan  kriteria penilaiannya meliputi Kedisiplinan, keharmonisasi gerakan, dan ketertiban. Tiap peserta mementaskan pertunjukan 13 sampai 15 menit di depan Monumen Puputan Klungkung. “Ini dilaksanakan setiap tahun,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, selain dolanan, beberapa peserta juga ada yang  menampilkan drama tari yang mengangkat cerita-cerita rakyat seperti bawang merah bawang putih, pasupati sastra, dan maupun lainnya. Pada acara ini juga diselingi dengan penampilan berbagai cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asean Games 2018, serta marching band. “Ini juga sebagai salah satu cara menjaga eksistensi dan kelestarian kearifan lokal,” ucapnya.

Baca juga:  Lulusan SMA Diminta Hati-hati Pilih PTS

Salah satu koordinator karnaval SD dari Kecamatan Banjarangkan Desak Ketut Raka mengatakan pada lomba ini, juga dimanfaatkan bahan daur ulang yang dipadukan dalam pertunjukan dolanan. Menurutnya, lomba ini tak sebatas seremonial, namun juga sebagai media untuk memperkenalkan kepada anak-anak. “Perwakilan SD SeKecamatan Banjarangkan berlatih sebanyak 10 kali”, ujarnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta juga turut menyaksikan  lomba tersebut. Hadir pula dalam Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra, serta undangan terkait lainnya.

Sementara itu, untuk karnaval tingkat SMP dan SMA/SMK berlangsung, Rabu (15/8) kemarin. Mementaskan berbagai kesenian, mampu memantik masyarakat untuk menonton. (ADV/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.