Suasana peringatan hari kemerdekaan India ke-72 di Konsulat Jenderal India di Denpasar, Rabu (15/8). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hari kemerdekaan India ke-72 dirayakan penuh suka cita oleh warga India, masyarakat keturunan India dan sahabat India di Bali. Seperti perayaan di Konsulat Jenderal India yang berlokasi di Renon, Denpasar, Rabu (15/8). Perayaan yang dipimpin Konsul Jenderal India R.O. Sunil Babu berlangsung semarak, namun tetap khidmat.

Sebanyak 120 orang warga India, masyarakat keturunan India dan sahabat India di Bali bersama 40 siswa GMIS, menghadiri acara tersebut. Konsul Jenderal India mengibarkan bendera nasional India diiringi lagu kebangsaan India ‘’Jana Gana Mana’’ oleh peserta.

Para siswa GMIS juga mempersembahkan lagu patriotik ‘’Des Rangila’’.  Tak hanya itu, acara makin meriah berkat penampilan siswa Svami Vivekananda Cultural Centre Bali (SVCC) Bali yang membawakan lagu patriotik dan sebuah tarian pengiring lagu ‘’Jai Ho’’ yang merupakan soundtrack film ‘’Slumdog Millionaire’’.

Konsul Jenderal India R.O. Sunil Babu mengungkapkan, peringatan hari kemerdekaan ini adalah momentum bagi India untuk terus berbenah dan melakukan perbaikan di berbagai sektor. Hal ini mengingat India memiliki harapan untuk menjadi lebih baik lagi di mata dunia.

Baca juga:  10 Kota Gelar Yoga Massal

Demikian halnya dengan kerja sama antara India dan Indonesia, yang diharapkannya bisa lebih erat. Selama ini, kerja sama terutama di bidang kebudayaan dan pendidikan sudah berjalan dengan baik. Pihaknya pun berharap kerja sama di berbagai sektor bisa lebih ditingkatkan.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis yang dibacakan R.O. Sunil Babu, Presiden India Ram Nath Kovind mengenang kembali komitmen para pejuang kemerdekaan India. Dia juga memberikan penghargaan kepada seluruh komponen masyarakat India atas kontribusi terhadap kemajuan India.

Presiden juga mengajak masyarakat untuk bersatu dalam semangat India untuk melestarikan alam, mengentaskan kemiskinan, buta huruf dan kesenjangan sosial, serta berpartisipasi dalam program pemerintah dalam upaya lebih lanjut membangun India dengan rasa memiliki sebagai sebuah bangsa. (Eka Adhiyasa/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.