Patung Dewa Ruci yang ada di Underpass Dewa Ruci mengalami keretakan di sejumlah sisinya. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sejumlah sisi patung Dewa Ruci yang berlokasi di dekat Underpass Dewa Ruci, Badung, mengalami keretakan. Diduga keretakan ini ditimbulkan gempa yang terjadi beberapa waktu lalu.

Retak yang besar adalah pada sisi kanan, yakni pada pangkal lengan, pergelangan tangan, dan siku. Selain itu patung naganya juga pecah. Pecahnya cukup besar, mencapai panjang kurang lebih 50 cm.

Kondisi retak-retaknya patung Dewa Ruci itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung, Putu Eka Merthawan, Selasa (14/8). Menurutnya, keretakan yang terjadi kemungkinan dipengaruhi banyak hal.

Selain getaran gempa, juga kemungkinan dipengaruhi oleh getaran mobil yang melewati underpass. “Getaran mobil yang melintas terakumulasi sehingga saat terjadi gempa mudah retak. Tetapi yang terjadi ini kami katakan akibat gempa, karena memang munculnya setelah gempa terjadi,” ucapnya.

Baca juga:  Wisman yang Naik Pelinggih di Pura Luhur Batukaru Serahkan Diri

Terhadap kondisi ini, Eka Merthawan mengatakan, ini adalah masalah serius yang harus segera ditangani. Namun pihaknya memastikan, patung itu tidak akan patah.

Meski demikian, pihaknya menjamin bila ditangani dengan cepat patung ini tidak akan patah.
“Ini harus ditangani segera. Kami menjamin ini tidak akan patah, karena struktur patung itu adalah besi bertulang,” ucapnya.

Pihaknya menargetkan untuk perbaikan segera dilakukan. “Penyelesainnya harus segera karena jika retak itu dimasuki air ke struktur patung membuat besi karatan. Jika itu terjadi, sangat membahayakan. Makanya kami harapkan agar keretakan ini segera diperbaiki,” ujarnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.