SEMARAPURA, BALIPOST.com – Gempa yang mengguncang Lombok Utara beberapa hari lalu tak hanya menimbulkan kerusakan bangunan. Namun juga memutus jaringan listrik. Hal tersebut menjadi perhatian PLN Distribusi Bali dan turut menerjunkan relawan untuk penanganan. Pelepasannya berlangsung di Kantor PLN Area Bali Timur, Klungkung, Kamis (9/8).

General Manager PLN Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa mengatakan relawan yang dilepas sebanyak 40 orang, lebih sedikit jika dibandingkan Senin lalu yang mencapai 67 orang. Mereka tak hanya karyawan PLN, tetapi juga ada dari mitra kerja di seluruh Bali, seperti Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia, Persatuan Kontraktor Listrik Indonesia dan PT. Karya Dewata Abadi. “Kami selalu bekerja sama. Ada yang memberikan kendaraan. Ada juga peralatan kelistrikan,” katanya.

Baca juga:  Warga Jabar Meninggal Saat Gempa

Gerakan yang dilakukan ini menjadi rutinitas ketika suatu daerah terlanda bencana dengan harapan bisa meringankan beban masyarakat maupun tenaga PLN di wilayah terdampak. “Ini secara sukarela dan bergerak cepat mempersiapkan tim untuk segera diberangkatkan,” ungkapnya.

Disampaikan lebih lanjut, berdasarkan informasi yang diterima, seluruh penyulang listrik di Lombok, termasuk tiga gili sudah normal. Relawan tinggal menormalkan gardu dan jaringan ke rumah penduduk maupun pengungsian. “Begitu juga jaringan listrik untuk air bersih akan turut diperbaiki,” sebut pria asal Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng ini.

Ditambahkan, penugasan relawan dari sejumlah daerah ini menyesuaikan dengan situasi di lapangan. Jika sudah membaik, penarikan dilakukan bertahap. “Konsen kami bagaimana sebagai insan PLN bisa meringankan beban masyarakat,” imbuhnya. (Sosiawan/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.