Kodam IX/Udayana menggelar khitanan dalam rangka HUT TNI ke-73. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kodam IX/Udayana punya cara sendiri dalam rangka menyambut HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang jatuh pada tanggal 5 Oktober mendatang. Salah satu kegiatan yang digeldar adalah bakti sosial khitanan (sunatan) dan penyerahan bingkisan kepada 32 anak di Aula Makesdam IX/Udayana, Kamis (9/8).

Kegiatan tersebut terselanggara berkat kerja sama dengan Talita Group. Khitanan massal ini sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dari aspek kesehatan, terutama kesehatan reproduksi sedini mungkin saat masih anak-anak.

Tak hanya itu, sunat juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan, menurunkan risiko infeksi saluran kemih, serta mencegah terjadinya kanker dan penularan HIV AIDS. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam Brigjen TNI Kasuri, mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara, utamanya Kesdam bekerja sama dengan Talita Group dan para medis yang telah meluangkan waktu untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan yang memiliki misi sosial kemanusiaan ini.

Baca juga:  Ancaman Proxy War Kian Nyata, Ini Akibatnya

“Bakti sosial khitanan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan mulia ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak dan dapat meringankan beban para orangtua,” ujarnya.

Ditambahkannya, sunat saat ini tidak lagi dipandang sebagai kewajiban menurut agama tertentu saja, tetapi sudah umum dan merupakan kebutuhan kesehatan. Untuk itu diharapkan anak-anak yang disunat sudah memahami akan pentingnya kesehatan dan kebersihan diri.

Mengingat kegiatan ini secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat, dia berharap kepada seluruh masyarakat yang belum menerima pelayanan kesehatan khususnya sunatan sesuai program pemerintah agar memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. (kerta negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.