Bangunan pelinggih warga di Gianyar rusak karena gempa 7,0 SR, Minggu (5/8). (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Gempa yang terjadi Minggu (5/8) dengan skala 7,0 SR, merusak puluhan bangunan di Gianyar. Pemda Gianyar berupaya meringankan beban tersebut dengan menyiapkan dana penangulangan bencana sebesar Rp 2 miliar.

Dana itu bisa diperoleh dengan cara mengajukan proposal terlebih dulu. “Pemda Gianyar melalui Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar menyiapkan dana penanggulangan bencana,” ucap PLH Bupati Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, Selasa (7/8).

Baca juga:  Wagub Cok Ace: Pariwisata dan Kearifan Lokal Memiliki Hubungan Kuat

Sementara itu Kepala BPBD Gianyar, Anak Agung Oka Digjaya, menyatakan sedang mendata kerusakan bangunan akibat gempa. Terlebih dampak dari bencana ini terjadi hapir di seluruh kecamatan. “Ini hampir seluruh kecamatan kena, saking banyaknya petugas masih menginventarisir jumlah kerugiannya,” ucap Agung Digjaya.

Pihaknya berharap penafsiran jumlah kerugian bisa direkap secepatnya. Ditambahkan dari tafsiran kerugian itu, pihaknya bisa tahu ketika ada masyarakat meminta bantuan. Mengenai kerugian, pemilik bangunan bisa mengajukan proposal. “Proposal ditujukan ke bupati. Lalu akan ada tim turun mengecek proposal itu,” jelasnya.

Baca juga:  1,5 Juta Euro Disalurkan untuk Gempa Palu

Pihaknya mengaku tidak berbelit-belit dalam penanganan bantuan bencana. “Kita tunggu, kalau ada proposal yang masuk akan segera diproses,” katanya. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *