Anggota komisioner KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna menunjukkan tahapan pendaftran caleg di Kantor KPU, Rabu (1/8). (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Gianyar dipastikan harus menyodorkan nama pengganti bakal caleg, Dewa Ketut Alit Budiana. Sebab, Alit Budiana meninggal Senin (6/8).

Penyetoran nama pengganti ini masih ditunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar sebelum penetapan Dafar Calon Tetap (DCT) pileg 2019. Anggota komisioner KPU Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna, Selasa (7/8) menjelaskan saat ini baru berakhir proses verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon.

Setelah ini akan dilakukan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), dari 8 hingga 12 Agustus ini. Proses ini akan dilanjutkan dengan pengumuman DCS dari 12 hingga 14 Agustus mendatang.

Setelah pengumuman DCS inila,h Partai Hanura baru bisa mengajukan pengganti untuk mengisi posisi caleg nomor urut 1 Dapil Gianyar. “Batas pengajuan ini berlangsung hingga sebelum penetapan DCT,” ungkap Agus Tirta.

Baca juga:  Sumerdahana Diancam Sanksi Partai

Bila partai tidak ada mengajukan caleg pengganti, maka sesuai ketentuan, caleg dari nomor urut dibawahnya akan digeser maju. Ditegaskan pula hal ini berarti Partai Hanura hanya mengajukan 7 caleg, dari 8 kursi yang disiapkan untuk Dapil Gianyar. “Kita serahkan kepada partai, tapi sampai saat ini belum ada pemberitahuan secara tertulis terkait kondisi yang dialami caleg hanura,” katanya.

Bendahara DPC Hanura Gianyar, Made Suryanto mengaku masih merasa kehilangan sosok almarhum Dewa Ketut Alit Budiana. Ia belum mau berkomentar terkait kelanjutan posisi Dewa Alit Budiana sebagai Ketua DPC Hanura Gianyar dan caleg Dapil Gianyar. “Tentunya kita akan selesaikan upacara di sini dulu, nanti ini akan dibahas di internal partai, serta menunggu petunjuk induk partai,” tandasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.