XL menyerahkan bantuan kepada warga terdampak gempabumi di Lombok Utara. (BP/istimewa)

MATARAM, BALIPOST.com – Salah satu operator selular, XL Axiata, memastikan jaringan di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam kondisi tetap dapat digunakan, baik untuk layanan telepon, SMS, maupun data/internet. Khusus untuk  wilayah Lombok Utara yang menjadi titik pusat gempa 7 SR, Minggu (5/8), layanan mengalami kendala karena dampak gempa yang sangat kuat sehingga mengakibatkan aliran listrik padam.

Dikatakan Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, tim sudah langsung melakukan upaya pemulihan (recovery) sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu. Ia mengutarakan tim terus bekerja semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan di Lombok Utara. “Hingga Senin siang, sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Dengan demikian, kini akses komunikasi melalui XL Axiata berangsur kembali ke normal,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan turut berduka sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa sebagai dampak dari gempa di Lombok. “Berbagai upaya akan kami lakukan agar jaringan bisa segera pulih dan bisa membantu akses komunikasi warga, terutama guna membantu proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait.”

Baca juga:  Pekerja Berpotensi Dapat Upah Lebih Tinggi dari UMSK

Yessie menginformasikan, meski gempa juga terasa sangat kuat di sebagian besar Pulau Lombok, bahkan hingga Bali dan Sumbawa, namun gangguan jaringan yang terjadi terutama berada di wilayah Lombok Utara. Untuk wilayah Lombok yang lain, layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi dengan baik.

Karena itu pula, kabar tentang gempa yang terjadi pada Minggu malam bisa segera tersiar ke luar Lombok. Bahkan kiriman dalam format data yang besar seperti foto dan video mengenai kerusakan dan kondisi pascagempa juga masih dikirimkan oleh para pelanggan XL Axiata dari daerah yang terlanda bencana.

Menurut Yessie, beberapa BTS sempat padam sesaat setelah gempa, namun hal ini lebih karena terputusnya aliran listrik. BTS-BTS  tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan.

Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu. Tim XL Axiata di lapangan juga masih bersiaga sejak saat itu untuk mengantisipasi gempa susulan. “Selain genset, tim teknis juga menyiapkan opsi lainnya berupa redirect coverage dan juga kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan,” jelasnya.

Baca juga:  Perdir Diimplementasikan, Tiga Pelayanan Ini Tetap Dijamin BPJS Kesehatan

Hingga Senin siang (6/8), jaringan XL Axiata di Lombok Utara terus berangsur normal kembali, termasuk jaringan di area Tanjung, yang menjadi pusat pemerintahan Kab. Lombok Utara. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data.

Di wilayah Lombok Utara, XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS, sebanyak lebih dari 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara itu, di seluruh Provinsi NTB, XL Axiata total memiliki lebih dari 2900 BTS, dengan  790 BTS di antaranya 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.

Selain berusaha keras menangani jaringan, tim XL Axiata di lapangan juga telah siap menyalurkan lagi bantuan darurat bagi warga yang terlanda bencana. Senin ini juga tim XL Axiata segera akan menghantarkan bantuan ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. S

ementara ini, bantuan akan fokus disalurkan ke wilayah Lombok Utara yang mengalami dampak terberat, di mana ribuan warga mengungsi. Bantuan ini antara lain juga berasal dari Axiata Group, yang merupakan perusahaan induk XL Axiata.

Baca juga:  Gudang Kayu Terbakar, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

Bantuan akan berupa bahan makanan, obat-obatan, selimut, dan tenda. Selain itu juga ada bantuan berupa perlengkapan penunjang kesehatan bagi warga korban selama di pengungsian, seperti peralatan mandi.

Bagi pelanggan yang hendak memberikan donasi bagi korban gempa Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan program “SMS Donasi”. Pelanggan bisa memanfaatkan sarana ini untuk membantu para korban dengan pulsa XL atau AXIS miliknya sebesar Rp 1000-Rp. 200.000. Caranya adalah kirim SMS ke 6116: Donasi<spasi>PEDULILOMBOK<spasi>nominal (1000 – 200.000). Atau via umb: *123*6116# pilih PEDULILOMBOK dan ikuti petunjuknya.

Hasil donasi pelanggan ini selanjutnya akan XL Axiata salurkan dalam bentuk program bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan korban. Penyaluran akan dilakukan melalui lembaga sosial yang kredibel dan terpercaya, yang selama ini telah bekerjasama dengan XL Axiata. Program SMS Donasi Lombok ini akan mulai bisa dibuka mulai 6 Agustus hingga 31 Oktober 2018. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *