Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop. (BP/win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop menyampaikan simpatinya dan turut berbelasungkawa atas terjadinya gempa di Lombok Utara, Minggu (5/8) malam yang berkekuatan 7,0 SR. Ia mengatakan gempa besar yang sudah kedua kalinya terjadi di Lombok ini mengakibatkan banyak korban jiwa dan kerusakan bangunan.

“Kami menyampaikan simpati terdalam bagi masyarakat Indonesia, terutama mereka yang merasakan dampak langsung dari gempa ini. Pemerintah Australia siap untuk membantu Indonesia dalam penanganan gempa ini,” katanya.

Ia mengatakan belum ada laporan terkait korban dari warga Australia. Namun, ia menegaskan Konsulat Jenderal Australia di Bali bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk menyediakan staf bersiaga di Bandara Lombok.

Baca juga:  Nyepi, Penumpang Pelabuhan Padangbai Diminta Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Dalam kesempatan itu ia juga menyebutkan bahwa Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Australia, Peter Dutton dan delegasi Kemendagri sedang berada di Lombok, NTB saat peristiwa gempa terjadi. Mereka dievakuasi dari hotelnya di Senggigi. “Saat peristiwa, Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton dan delegasi Kementerian Dalam Negeri Australia sedang berada di Lombok dan telah dievakuasi dari hotel serta sampai di Bali dengan selamat,” sebutnya.

Bishop juga menyampaikan terima kasih pada aparat kepolisian dan pemerintah Lombok yang melakukan evakuasi delegasi Australia. “Kami mengucapkan terima kasih pada aparat kepolisian, pemerintah, dan pihak yang bekerjasama dengan kami untuk memberikan asistensi bagi mereka yang membutuhkan,” tegasnya. (Winatha/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.