Megawati (kiri) didampingi Puan Maharani dan Joko Widodo (kanan) memberikan keterangan pers. (BP/har)

JAKARTA, BALIPOST.com-PDI Perjuangan memberi pembekalan kepada 575 bakal anggota calon legislatif (bacaleg) yang telah didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo memberikan pembekalan kepada bacaleg PDIP yang terdiri dari berbagai bidang kelompok di masyarakat dan daerah.

“Kita ingin caleg-caleg itu menjelaskan, menerangkan mengenai program-program pemerintah yang sudah dirasakan manfaatnya oleh rakyat, oleh nasyarakat. Baik yang berkaitan misalnya Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, yang berhubungan dengan pembagian sertifikat, program keluarga harapan,” kata Presiden Jokowi pada Pembekalan Caleg DPR RI dari PDIP di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Minggu (5/8).

Seluruh pengurus DPP PDIP hadir dalam kegiayan tersebut. Acara juga dihadiri dejumlah menteri Kabinet Kerja antara lain Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menko PMK Puan Maharani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteti PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, Presiden Jokowi yang sudah ditetapkan dalam Rakernas PDIP sebagai calon presiden untuk Pilpres 2019 berharap sembilan partai koalisi yang mendukung pencalonannya dapat melakukan hal sama kepada para calegnya. Sehingga mesin partai dapat bergerak optimal untuk memenangkan dirnya di Pilpres yang akan dilakukan serentak dengan Pemiku Legislatif pada 17 April 2019 mendatang.

Baca juga:  Usai Diumumkan, Koster - Cok Ace Sembahyang di Gunung Salak

“Ya semuanya digerakkan mesinnya. Sehingga bisa bekerja optimal dan masyarakat memberikan kepercayaan dan memberikan mandat kepada partai, kepada kita. Saya rasa itu yang diharapkan,” imbuh Jokowi.

Selain Presiden Jokowi, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga memberi pembekalan kepada ratusan kader PDIP itu. “Seluruh caleg digembleng dari aspek ideologis, komitmen terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, dan yang tidak kalah penting adalah menjadikan rakyat sebagai energi juang, semangat dan nafas pengabdian untuk Indonesia Raya,” terang Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Pembekalan kali ini dilakukan setelah didahului pembekalan per bidang berdasarkan kelompok purnawirawan TNI dan POLRI, akademisi, artis/public figure, tokoh masyarakat, tokoh agama, caleg insan pers dan incumbent. PDI Perjuangan menggelar pembekalan caleg yang langsung disampaikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Acara pembekalan caleg kali ini, menurut Hasto semakin menegaskan bagaimana PDI Perjuangan konsisten di dalam memperkuat kelembagaan kaderisasi kepemimpinan untuk rakyat. Dengan pembekalan caleg ini maka seluruh caleg PDI Perjuangan menjadi satu kekuatan gotong royong untuk memenangkan Pemilu Legislatif dan memenangkan Pak Jokowi. “Setelah pembekalan caleg langsung turun ke dapilnya masing-masing dan pada akhir Agustus 2018 mengikuti Sekolah Calon Anggota Legislatif,” kata Hasto. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.