Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta (dua dari kiri) didampingi istri, Ny. Ayu Suwirta dan Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana menunjukkan penghargaan yang diraih. (BP/adv)

 

PEMERINTAH Kabupaten Klungkung sangat serius dalam menjalankan program pembangunan nasional di bidang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus. Hal tersebut pun berbuah manis. Penghargaan berhasil diraih dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak. Kali ini mendapat dua sekaligus, di kategori puskesmas dengan pelayanan ramah anak terbaik 2018 dan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak ( KLA ) 2018.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta yang hadir langsung dalam acara penganugerahan di gedung Dyandra Convention Center Surabaya (23/7), sangat mengapresiasi dinas terkait yang sudah berkomitmen dan bekerja optimal sehingga bisa mendapat penghargaan ini yang baru pertama kali ini. “Bahkan dua penghargaan sekaligus,” katanya.

Tetapi, kita jangan berpuas diri. Pastinya kegiatan ini rutin dilaksanakan. Masih banyak yang perlu dibenahi untuk mempertahankan penghargaan ini bahkan kita harus bisa mendapat yang lebih maksimal lagi, dengan cara lebih meningkatkan komunikasi dengan jajaran yaang terkait,” ungkapnya.

Penghargaan yang langsung diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembisena, sebelumnya melalui berbagai kriteria penilaian. Dalam evaluasi diikuti 389 Kabupaten Kota. Dari itu, hanya 177 Kota yang menerima Anugerah Kota Layak Anak. Hal ini lebih banyak dari tahun 2017.

Penganugerahan serupa juga akan diberikan kepada 10 pemerintah Provinsi sebagai penggerak, pengembangan KLA tahun 2018.

Baca juga:  Wabup Kasta Pastikan Usulan Pembentukan BNNK ke Pusat

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana menyatakan proses penilaiannya cukup panjang dengan melalui tiga tahap penilaian, penilaian mandiri, verifikasi nilai, terakhir verifikasi lapangan.

Dirinya berharap kedepannya kabupaten klungkung bisa mempertahankan penghargaan ini dan bisa mendapat yang lebih tinggi. “Sesuai arahan nantinya kita akan melibatkan instansi terkait untuk memaksimalkan program ini,” sebutnya.

Penghargaan itu menambah deretan kado manis. Tiga hari sebelumnya, kabupaten Klungkung berhasil masuk Top 10 Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional dalam penganugerahan Wonderful Indonesia Tourism Award 2018. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya kepada Bupati I Nyoman Suwirta di Aula Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar.

Menteri Arief Yahya menyatakan penghargaan ini sebagai wujud apresiasi pemerintah akan performansi, inovasi dan komitmen dari pemerintah daerah dalam membangun pariwisata. “Penghargaan ini sebagai upaya untuk mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam membangun potensi pariwisata di daerah sekaligus mendukung pariwisata nasional. Juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau kalibrasi kepada kepala daerah untuk berkomitmen membangun wisata berkelanjutan dalam membangun pariwisata di daerahnya,” jelasnya. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.