Bambang Soesatyo. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota Mikta (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, Australia) di Bali untuk membahas berbagai agenda penting. DPR RI siap menggelar pertemuan yang dihadiri para ketua parlemen lima negara tersebut.

Penegasan disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo usai menerima para duta besar lima negara anggota Mikta tersebut di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Rabu (18/7). “Kami mengundang negara-negara anggota Mikta, karena kita akan mengadakan konvensi di Bali 15-17 September 2018. Kita ingin memastikan para ketua parlemen hadir dalam pertemuan di Bali,” katanya.

Baca juga:  PDIP dan Arya Wedakarna Tak Terkejar

Sejumlah agenda penting yang dibahas adalah soal perdamian dunia, terorisme, ekonomi kreatif, dan hubungan dagang anggota-anggota Mikta. “Mengingat pentingnya acara ini, Indonesia sebagai Ketua Mikta mengharapkan para ketua parlemen anggota Mikta bisa hadir. Saya melihat mereka sangat antusias, karena ini agenda internasional,” ujar Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo.

Pada pertemuan briefing di ruang kerjanya itu, Bamsoet mengungkapkan dua negara anggota Mikta baru saja memilih ketua parlemen. “Saya juga ingin memastikan ada dua negara yang baru terpilih ketua parlemennya, yaitu Korea Selatan dan Meksiko,” ungkap politisi Partai Golkar tersebut.

Baca juga:  Peringatan Tsunami Berakhir

Delegasi Pemerintah Indonesia juga akan hadir dengan membawa tema Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace. Sementara DPR RI memiliki tema sendiri, yaitu Creating Peace and Prosperity: The Role of Parliament. Sebagai Ketua Mikta, tentu Indonesia ingin memajukan kepentingan Mikta dan kepentingan nasional Indonesia sendiri. (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *