Bambang Soesatyo. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota Mikta (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, Australia) di Bali untuk membahas berbagai agenda penting. DPR RI siap menggelar pertemuan yang dihadiri para ketua parlemen lima negara tersebut.

Penegasan disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo usai menerima para duta besar lima negara anggota Mikta tersebut di ruang kerjanya, Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Rabu (18/7). “Kami mengundang negara-negara anggota Mikta, karena kita akan mengadakan konvensi di Bali 15-17 September 2018. Kita ingin memastikan para ketua parlemen hadir dalam pertemuan di Bali,” katanya.

Sejumlah agenda penting yang dibahas adalah soal perdamian dunia, terorisme, ekonomi kreatif, dan hubungan dagang anggota-anggota Mikta. “Mengingat pentingnya acara ini, Indonesia sebagai Ketua Mikta mengharapkan para ketua parlemen anggota Mikta bisa hadir. Saya melihat mereka sangat antusias, karena ini agenda internasional,” ujar Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo.

Baca juga:  Goda Wisman Korsel, Kemenpar Ikut Pameran Terbesar di Korea Selatan

Pada pertemuan briefing di ruang kerjanya itu, Bamsoet mengungkapkan dua negara anggota Mikta baru saja memilih ketua parlemen. “Saya juga ingin memastikan ada dua negara yang baru terpilih ketua parlemennya, yaitu Korea Selatan dan Meksiko,” ungkap politisi Partai Golkar tersebut.

Delegasi Pemerintah Indonesia juga akan hadir dengan membawa tema Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace. Sementara DPR RI memiliki tema sendiri, yaitu Creating Peace and Prosperity: The Role of Parliament. Sebagai Ketua Mikta, tentu Indonesia ingin memajukan kepentingan Mikta dan kepentingan nasional Indonesia sendiri. (Hardianto/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.