LPJ di By Pass Nusa Dua mulai diganti lampunya. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Penggantian Lampu penerangan jalan (LPJ) di sepanjang jalan Bypass Ngurah Rai, Jimbaran dan Nusa Dua, mulai dikerjakan. Dari pantauan di lapangan, Jumat (13/7) sejumlah pekerja mulai melepas peralatan lampu yang sudah rusak sebelum diganti dengan perangkat yang baru.

Pemkab Badung melalui Dinas PUPR, rencananya akan menggati sebanyak 600 titik LPJ di sepanjang Bypass Ngurah Rai, Jimbaran hingga Nusa Dua. Menurut Kabid Binamarga PUPR Badung, Sang Nyoman Oka Permana, pengerjaan sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 21 Juni dan ditarget rampung pada 18 Desember mendatang.

Dikatakannya, untuk perbaikan LPJ ini, tidak hanya di bypass Ngurah Rai saja, tetapi juga pada titik lainya. Ada sekitar 10 ruas yang akan dilakukan perbaikan. Nantinya akan ada perbaikan mulai dari Kuta, Kuta Selatan, Kuta Utara, ke Petang. “Tahun ini fokus kami di Kuta Selatan,” ujarnya.

Baca juga:  Buleleng Ganti LPJ Dengan Hemat Energi

Diungkapkan, penggantian seluruh LPJ ini juga untuk mendukung pelaksanaan IMF annual meeting. Untuk itu, yang di sepanjang bypass Ngurah Rai, pengerjaannya nanti diharapkan bisa rampung sebelum pelaksanaan IMF Annual meeting, bulan Oktober mendatang. “Yang diganti sebanyak 600 titik. Yang diprioritaskan yang ada di sepanjang By Pass Ngurah Rai. Targetnya sebelum IMF sudah rampung,” ujarnya.

Berbeda dengan perangkat sebelumnya yang menggunakan solar cell sebagai sumber, untuk LPJ yang dipasang nanti akan menggunakam lampu LED dan menggunakan listrik sebagai sumbernya. Penggantian jenis lampu ini, berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya.

Perawatan lampu yang menggunakan solar cell, ternyata biaya perawatannya lebih mahal. “Nanti seluruhnya menggunakan lampu jenis LED dan menggunakan listrik bukan solar cell,” pungkasnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.