Tiga bayi harimau Sumatera dilahirkan di Bali Zoo. (BP/dokumen Bali Zoo)

GIANYAR, BALIPOST.com – Bali Zoo memiliki anggota baru. Tiga bayi kembar Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) langka lahir di Bali Zoo. Kelahiran satwa endemik Sumatera ini merupakan kelahiran pertama harimau Sumatra di Bali.

Menurut Head of Public Relations Bali Zoo, trio kucing besar ini lahir pada Selasa (3/7) pukul 17.00 Wita dengan kelahiran secara normal. Ketiganya merupakan generasi pertama dari pasangan harimau betina yang bernama Sean (5 tahun) dan harimau jantan bernama Pandeka (3,5 tahun) dengan jenis kelamin dua jantan dan satu betina.

Sejak lahir hingga saat ini ketiga bayi harimau tersebut tumbuh sehat bersama induknya dengan jenis kelamin dua jantan dan satu betina, berat badan jantan 7.370 gram panjang badan 58 cm dan 6.970 gram panjang badan 62 cm, serta betina 6.570 gram panjang badan 59 cm. Pasca kelahiran bayi harimau yang belum memiliki nama ini, dilakukan general check up, vaksin pertama sekaligus pemasangan microchip oleh Tim BKSDA Bali beserta Tim Seksi Konservasi Wilayah II Gianyar bersama tim konservasi.

Baca juga:  Pasangan Cagub-Cawagub Bali akan Diumumkan Pada Tanggal Ini

Hasil general check up menyatakan bahwa ketiga bayi tersebut dalam keadaan sehat dan masih dalam pengawasan intensif dari tim dokter satwa di Bali Zoo. Dengan bertambahnya keluarga baru, saat ini ada 5 ekor harimau Sumatera di Bali Zoo. “Kelahiran ketiga bayi harimau Sumatera ini merupakan keberhasilan Bali Zoo sebagai lembaga konservasi dalam upaya pelestarian satwa langka, mengingat menurut data dari IUCN (International Union for Conservation of Nature) saat ini keberadaan harimau Sumatera kurang dari 400 ekor di Indonesia. Ketiga bayi harimau terlihat sangat aktif dan tumbuh alami bersama induknya dan untuk membantu perawatan pasca kelahiran tim konservasi Bali Zoo memberikan tambahan asupan gizi, vitamin dan kalsium bagi induk betina,” ujarnya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.