Sejumlah bangunan baru di dalam PPN Pengambengan hingga kini belum dioperasikan termasuk TPI. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Kendati sudah lama rampung, namun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan belum difungsikan. Aktivitas penimbangan dan penurunan ikan masih digunakan di TPI yang lama di dekat SPBN Pengambengan. Sementara TPI yang baru berikut bangunan yang sempat terbakar di bagian atap itu belum dimanfaatkan.

Dari informasi warga yang sering beraktivitas di sana Sabtu (30/6) lalu, belum diketahui pasti kapan pemanfaatan gedung tersebut. Selama ini untuk lokasi penurunan ikan berikut penimbangan masih menggunakan bangunan yang lama di dekat kantor PPN Pengambengan.

Sementara bangunan yang rencananya difungsikan untuk TPI itu sejatinya sudah rampung sejak akhir tahun lalu. Dan diserahkan pada bulan Februari lalu. Menjelang penyerahan sempat terbakar di bagian atap. Kebakaran itu menghanguskan hampir separuh pelapis atap berbahan alumunium foil. Bahan pelapis atap dari kap baja itu berfungsi untuk menyerap panas dan meredam suara saat hujan.

Baca juga:  Bangunan TPI Yehsumbul Kembali Rusak

Selain bangunan TPI, di sekitar areal baru tersebut juga terdapat sejumlah bangunan yang difungsikan untuk penunjang sarana pelabuhan. Diantaranya seperti gedung cold storage, namun hingga kemarin juga belum dimanfaatkan.

Pembangunan ini merupakan bagian dari pengerjaan proyek pengembangan pelabuhan. Berbeda dengan bangunan TPI yang lama, untuk TPI yang baru ini langsung dengan kolam labuh kapal, bangunannya juga tertutup mirip gudang. Di dalam gedung tersebut, digunakan untuk penimbangan dan pelelangan ikan.

Terkait TPI baru itu,  Kepala Seksi Tata Kelola dan Pelayanan Usaha PPN Pengambengan, Bagus Sudananjaya dikonfirmasi Minggu (7/1) membenarkan belum dioperasikan bangunan itu dikarenakan tangkapan nelayan belum terlalu banyak. Namun, dalam waktu dekat, bangunan yang sudah diserahterimakan itu menurutnya akan segera digunakan.

“Dalam waktu dekat ini (dioperasikan), sekarang karena tangkapan juga masih sedikit,” tandasnya.

Sedangkan untuk bangunan yang lain, pihaknya tidak engetahui pasti karena dikelola oleh direktorat lain. Termasuk cold storage yang letaknya diseberang TPI baru itu. (surya dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.