Pemaparan kesiapan seniman Tabanan tampil dalam PKB ke-40 pada Juni mendatang. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 akan digelar 23 Juni hingga 21 Juli 2018 mendatang dengan tema “Teja Dharmaning Kauripan” yang artinya Api Spirit Penciptaan. Kabupaten Tabanan sendiri telah menyiapkan berbagai kesenian terbaik daerah yang siap dipentaskan dalam ajang tahunan tersebut.

Kepala Bidang Kesenian Kabupaten Tabanan yang juga Ketua Panitia kegiatan I Wayan Muder mengungkapkan sebanyak 22 materi/cabang seni yang melibatkan ribuan seniman siap ditampilkan. Ia mengatakan pihaknya memprioritaskan materi bergengsi dalam ajang PKB ke-40 tersebut.

Materi yang akan ditampilkan oleh seniman Tabanan antara lain gong kebyar dewasa, wanita dan anak-anak, pawai, tembang girang, baleganjur anak-anak, topeng bondres, wayang babad dalang, ngelawang, dramatari arja, lomba kerajinan, gender wayang remaja, workshop dan lomba PKK, nyastra, janger klasik, topeng panca klasik, lagu pop daerah bali, jogged Bumbung tradisional, gamelan inovatif, lomba foto dan penghargaan seni. “Total ribuan seniman akan terlibat di dalamnya,” ungkapnya, Kamis (24/5).

Lebih lanjut disampaikannya, untuk PKB tingkat kabupaten akan berlangsung 3 Juni hingga 4 juni di Panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS) sementara untuk Tingkat Provinsi berlangsung pada 23 Juni hingga 21 Juli. “PKB tingkat kabupaten akan dilaksanakan lebih dahulu yakni 3-4 Juni di GWS Tabanan, untuk tingkat provinsi PKB dengan materi pokok parade, lomba, pagelaran dan pameran akan berlangsung pada 23 Juni sampai dengan 21 Juli yang dipusatkan di Taman Budaya Art Center,” ungkapnya.

Baca juga:  "Kubu Reod" Hasil Rekonstruksi Tabuh Semara Pegulingan

Ditambahkannya untuk PKB tingkat Kabupaten akan menampilkan parade, pagelaran, lomba, pameran dan kuliner khas Tabanan. Dan akan dibuka langsung Bupati Tabanan. “Tingkat kabupaten akan kami tampilkan parade yang meliputi parade gong kebyar anak-anak, remaja/dewasa, wanita, jogged bumbung dan ngelawang. Selain itu juga akan ada pagelaran, lomba, pameran foto dan seni rupa dan stand kuliner khas Tabanan,” ucapnya.

Untuk persiapan PKB, lanjut kata Muderi sudah dilaksanakan sejak bulan januari, dan diakuinya sampai saat ini semangat para partisipan/pelaku-pelaku seni sangat luar biasa untuk membawa nama baik Tabanan. “Tahun lalu Tabanan berhasil mendapat beberapa juara seperi juara 3 untuk tembang girang dan juara harapan untuk balaganjur. Tahun ini kami targetkan bisa meraih hasil lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Asisten I Setda Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi berpesan agar para seniman yang tampil membangun kebersamaan dan bangga terhadap kesenian yang ditampilkan. “Bangun kebersamaan dengan tim yang terlibat dalam kegiatan, dan yang penting sesuaikan apa yang ditampilkan dengan tema,” ujarnya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Serta berpesan agar terus menjalin komunikasi dan koordinasi sehingga PKB yang berlangsung di Kabupaten dan juga provinsi dapat berjalan baik dan sukses. “Meski persiapannya sudah sangat baik, ingat selalu jalin komunikasi dan koordinasi. Kita harus bekerja komprehensif, dan perhatikan kemanan dan kebersihan pada saat penyelenggaraan nanti,” pungkasnya. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.