TABANAN, BALIPOST.com – Semarak gelaran Balipost Goes to School (BPGS) dan Bazaar Budaya SMAN 2 Tabanan yang digelar, Jumat (25/5) diwarnai persembahan dua kesenian. Yakni Cak Kolosal dan Barong Bangkung.

Cak kolosal yang menceritakan kisah perjuangan wanita Tabanan bernama Lastri ini dipentaskan sebanyak 500 siswa.

Pembina dan pelatihan cak kolosal I Wayan Ananda mengatakan, tidak ada kendala dalam persiapan pelatihan cak kolosal. Pasalnya sebelum ditampilkan untuk menyemarakkan kegiatan BPGS dan Bazaar Budaya, pementasan pragmentari Cak Kolosal dengan lakon I Lastri, Pejuang perempuan Tabanan yang terlupakan juga ditampilkan saat apel peringatan Hari Kebangkitan Nasional belum lama ini.

Baca juga:  Aksi Teroris Bencana Bagi Kemanusiaan

Fragmentari persembahan dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Tabanan ini dikatakannya menggambarkan personalitas dalam titik darah perjuangan, membangkitkan, mengobarkan jiwa raga, rasa nasionalisme dan patriotik. Serta cinta nusa bangsa akan indahnya kemerdekaan dan perdamaian pertiwi.

“Ada pahlawan wanita Tabanan yang terlupakan, apalagi menguasai tangsi Tabanan sebelum terjadi Puputan Margarana,” ucapnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *