TABANAN, BALIPOST.com – Semarak gelaran Balipost Goes to School (BPGS) dan Bazaar Budaya SMAN 2 Tabanan yang digelar, Jumat (25/5) diwarnai persembahan dua kesenian. Yakni Cak Kolosal dan Barong Bangkung.

Cak kolosal yang menceritakan kisah perjuangan wanita Tabanan bernama Lastri ini dipentaskan sebanyak 500 siswa.

Pembina dan pelatihan cak kolosal I Wayan Ananda mengatakan, tidak ada kendala dalam persiapan pelatihan cak kolosal. Pasalnya sebelum ditampilkan untuk menyemarakkan kegiatan BPGS dan Bazaar Budaya, pementasan pragmentari Cak Kolosal dengan lakon I Lastri, Pejuang perempuan Tabanan yang terlupakan juga ditampilkan saat apel peringatan Hari Kebangkitan Nasional belum lama ini.

Fragmentari persembahan dari siswa-siswi SMA Negeri 2 Tabanan ini dikatakannya menggambarkan personalitas dalam titik darah perjuangan, membangkitkan, mengobarkan jiwa raga, rasa nasionalisme dan patriotik. Serta cinta nusa bangsa akan indahnya kemerdekaan dan perdamaian pertiwi.

Baca juga:  Bupati Tabanan Apresiasi BPGS dan Bazaar Budaya SMAN 2 Tabanan

“Ada pahlawan wanita Tabanan yang terlupakan, apalagi menguasai tangsi Tabanan sebelum terjadi Puputan Margarana,” ucapnya. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.