Petugas KPU Bangli saat mengangkat surat suara pilgub 2018. (BP/nan)

BANGLI, BALIPOST.com – Surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali (Pilgub) 2018 telah tiba di Kabupaten Bangli, Rabu (23/5). Pascatibanya surat suara tersebut, petugas security dan petugas kepolisian langsung menjaga ketat tempat penyimpanan surat suara tersebut.

Ketua KPU Bangli Dewa Agung Gede Lidartawan, menungkapkan, surat suara yang diterima oleh KPU Bangli sebanyak 95 dus. Dimana untuk satu dusnya berisi sekitar 2 ribu surat suara. Selain surat suara itu, pihaknya juga telah menerima tinta. “Surat suara sudah kita simpan di tempat yang sudah disediakan. Bahkan setelah sampai, surat suara langsung dijaga ketat oleh security dan dari petugas kepolisian,”ucap Lidartawan.

Dijelaskan Lidartawan, mengingat dalam waktu dekat ada upacara hari Raya Galungan dan Kuningan, maka untuk pelipatan surat suara bakal dilakukan usai hari Raya Galungan.

Kata dia, pelaksanaan itu dilaksanakan usai Galungan agar petugas pelipatan tidak buru-buru mengejar honor upah lipat untuk upacara. Karena kalau pelipatan dilakukan grasa-grusu, maka pelipatan tidak akan maksimal. Mengingat pihaknya ingin pelipatan surat suara supaya benar-benar kosentarsi agar tidak sampai ada kesalahan dalam pengesetan surat suara.

Baca juga:  Paket DEWA Ramaikan Penjaringan di DPD Golkar Gianyar

“Kita tidak ingin ada kesalahan dalam pelipatan suara suara seperti saat pemilihan Bupati Bangli. Karena kita harapkan dalam pengesetan formulir maupun surat suara tidak lagi ada kesalahan seperti itu terlunag lagi. Dan nanti kita tetap akan sortir lagi apakah jumlah di masing-masing dus ada kekurangan atau kelebihan surat suara dari jumlah yang ada. Disamping itu kita juga bakal lihat apakah ada noda atau surat suara yang rusak. Sehingga nantinya surat suara yang di distribusikan ke kecamatan atau ke desa jelang pencoblosan tidak ada masalah lagi,”tegasnya. (eka prananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.