Petugas saat memadamkan api yang membakar bale piasan. (BP/dedi)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kebakaran terjadi Selasa (22/5). Api melalap balai piyasan di sanggah milik I Wayan Pageh Ardana (53) di Banjar Padangtegal Kelod Desa Padangtegal Kecamatan Ubud. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini.

Menurut informasi, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 wita. Kala itu, Ni Putu Sinta Dewi (30) yang merupakan menantu Wayan Pageh, tengah membuat sesajen di bale dangin. Tiba-tiba, dia melihat kepulan asap pekat di atas bale dangin. Ia lantas meminta mertuanya mengecek sumber asap tersebut. Mereka pun terkejut lantaran asap tersebut bersumber dari atap piasan yang terbakar.

Namun mereka tidak bisa berbuat banyak. Pageh lantas meminta saksi lainnya, I Wayan Miasa untuk menghubungi pemadam kebakaran. Berselang 10 menit, petugas dengan sejumlah armada pemadam kebakaran dari pos Ubud tiba di lokasi. Petugas langsung berupaya keras memadamkan api. Proses pemadaman berlangsung sekitar 30 menit. Berkat kesigapan petugas, api tidak sampai menjalar ke bangunan lain. Kerugian atas kejadian ini mencapai puluhan juta rupiah.

Baca juga:  Angkut BBM, Mobil Pick Up Terbakar

Kepala Satpol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa menyatakan, penyebab kebakaran diduga korsleting. Dugaan ini berdasarkan temuan petugas usai proses pemadaman yakni kabel listrik menempel pada atap bangunan berukuran 3×4 meter itu. Percikan api dengan mudah membesar akibat atap bangunan terbuat dari ijuk.

Lebih lanjut dia berharap masyarakat lebih waspada akan potensi kebakaran. Berbagai hal yang dapat memicu kebakaran harus diantisipasi seperti instalasi listrik yang tidak mengedepankan unsur keamanan, pembakaran sampah hingga puntung rokok yang dibuang sembarangan. ”Intinya kita harus lebih hati-hati dan kalau perlu, cek lebih cermat,” katanya. (dedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.