Suasana di Putung, yang pernah menjadi obyek wisata andalan Karangasem. (BP/gik)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Objek wisata Putung, sempat melambungkan nama Karangasem ke dunia internasional. Suasana sejuk dan panorama yang indah di sekitarnya, menjadikan Putung dulu objek wisata andalan Karangasem.

Setelah lama terbengkalai, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, berencana mendorong BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di desanya, untuk menghidupkan kembali Putung dari keterpurukan. Perbekel Desa Duda Timur, I Gede Pawana, Rabu (16/5), mengatakan memanfaatkan Bumdes untuk mengelola objek wisata sangat memungkinkan.

Pihaknya mengaku sudah pernah konsultasi dengan Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Karangasem. “Secara teknis, ini bisa. Makanya, sekarang kami matangkan rencana ini dengan pemerintah daerah,” kata Pawana, usai menerima penghargaan Rekor MURI di Objek Wisata Putung.

Lahan objek wisata Putung, adalah aset milik Pemkab Karangasem. Setelah rancangan kerjasama Pemkab Karangasem dengan BUMDes Desa Duda Timur ini rampung, upaya untuk membangun Putung lagi, akan segera terealisasi. “Pembangunan nanti dibantu pemerintah daerah. Pengelolaannya nanti oleh desa. Semoga tahun 2019 ini, semua bisa terwujud,” kata Pawana.

Kepala Dinas Pariwisata Karangasem, I Wayan Astika, belum berkenan memberikan keterangan perihal rencana ini. Terakhir, sejak batalnya salah satu investor lantaran gagalnya negosiasi dengan Pemkab Karangasem, tak ada lagi cerita rencana investasi investor untuk mengembangkan Putung. “Silahkan tanyakan langsung dengan Bupati,” kata Astika.

Baca juga:  Dua Pria Ditahan Bawa Sajam Saat Pengukuran Tegal Jambangan

Putung sejatinya sangat potensial untuk dikembangkan menjadi wisata alternatif. Di objek tersebut, Pemkab Karangasem punya 1,2 hektar lahan yang bisa dibanguni fasilitas pariwisata.

Di sana juga ada spot-spot wisata milik desa adat. Spot-spot wisata itu baru bisa dikembangkan dengan maksimal jika induknya yakni Putung itu sendiri sudah tertata dengan bagus.

Salah satu spot wisata yang cukup potensial dikembangkan menjadi destinasi wisata adalah Air Terjun Jagasatru. Air terjun setinggi 35 meter itu berada di alur tebing, di bagian bawah Putung. Secara administratif, Air Terjun Jagasatru masuk wilayah Banjar Pateh, Desa Duda Timur.

Objek Wisata Putung merupakan hampran perbukitan yang menawarkan panorama ke arah laut Selatan Karangasem. Dari puncaknya tersaji pemanangan alam yang sangat indah. Tebing di bawahnya cocok untuk aktivitas tracking, melewati kebun-kebun penduduk. Air Terjun Jagasatru memberikan nilai lebih dibandingkan lokasi tracking di tempat lain. (Bagiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.