Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto. (BP/ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dalam memperingati HUT ke-61 Kodam IX/Udayana 27 Mei mendatang, Kodam IX/Udayana menggelar donor darah di salah satu hotel di Kuta, Senin (14/5). Dilaksanakannya kegiatan kemanusiaan sebagai wujud perhatian, partisipasi dan kebersamaan dalam menumbuhkan rasa solidaritas sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

Terkait kegiatan tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto berharap supaya donor darah ini dijadikan sebagai gaya hidup yang menyehatkan dan bukan merupakan suatu hal menakutkan. Pasalnya donor darah memiliki manfaat positif bagi pendonor, antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius secara dini.

Sedangkan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana, Kolonel Inf. J. Hotman Hutahaean, di sela-sela kegiatan donor darah menyampaikan, adapun tema yang diusung yaitu Kodam IX/Udayana bersama komponen bangsa lainnya siap mewujudkan wilayah Bali Nusra aman, damai dan sejahtera. Merealisasikan tema tersebut, lanjut Kapendam, banyak kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan, diantaranya ribuan prajurit TNI dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam berbaur dengan pegawai Pemda, institusi terkait dan komponen masyarakat membersihkab lingkungan di Pantai Tanjung Benoa, Kuta Selatan. Selain itu donor darah bekerja sama dengan PMI Provinsi Bali.

Baca juga:  HUT TNI Diisi Simulasi Penyergapan Teroris

“Sudah sepatutnya ditumbuhkan dan dipupuk kegiatan ini. Dengan menyumbangkan darah pada hakekatnya mempunyai manfaat ganda, disamping sangat bermanfaat bagi sipenerima untuk keselamatan jiwanya, pendonorpun mendapatkan manfaat karena dengan melaksanakan donor secara teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan si pendonor,” ungkapnya.

Sementara kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu oleh ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Tabanan, anjangsana dengan mengunjungi para Warakawuri dan para pensiunan untuk saling menjaga silaturahmi, mengunjungi panti asuhan karena sesungguhnya masih banyak membutuhkan sentuhan perhatian dan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari komponen masyarakat lainnya. “Puncak peringatan HUT akan dilaksanakan syukuran yang sesuai rencana akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei di Makodam IX/Udayana,” tegasnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.