JAKARTA, BALIPOST.com – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta sependapat Presiden Jokowi yang menempatkan Pariwisata sebagai “leading sactor” pembangunan. Seluruh kementerian wajib memberikan dukungannya, yang seharusnya demikian pula halnya dengan kewajiban semua perangkat daerah provinsi maupun kabupaten di masing-masing daerah di seluruh Nusantara.

Eksekutif Direktur BPPD Badung, Mangku Made Sulasa Jaya mengatakan hal itu dalam presentasinya dihadapan semua perwakilan daerah dari seluruh Nusantara yang hadir di acara Gebyar Wisata Nusantara, Jumat (11/5) di JCC Jakarta. Sebuah presentasi yang sangat unik karena didukung oleh peragaan kostum “go green” dari sanggar Pancer Langiit.

“Kita harus memahami kepariwisata dengan benar karena sesungguhnya kepariwisataan bukan saja mampu meningkatkan pendapatan negara, membuka peluang kerja dengan modal yang relatif kecil, namun juga alat pemersatu masyarakat Nusantara,” katanya.

Ditegaskan, hal ini hanya dapat diwujudkan kalau semua pemimpin daerah mau menempatkan diri sebagai nahkoda kepariwisataan daerahnya masing-masing. “manajemen kepariwisataan membutuhkan kekompakan sikap dan gerak karena pariwisata tidak bisa dijual secara parsial,” tegasnya.

Baca juga:  Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Akui Sulit Taklukan Denpasar

Ditambahkannya, pelaku pariwisata menyadari bahwa segala kegiatan di Bali dan Badung pada khususnya, selalu menjadi perhatian dan daya tarik pasar wisata dunia. Oleh sebab itu segala kegiatan harus dijaga dan ditata dengan lebih baik secara berkelanjutan hingga sebuah destinasi dicintai dunia.
“Kami di Badung sangat beruntung memiliki Bupati yang fokus dan berkomitmen terhadap pembangunan kepariwisatan yang berbasis budaya lokal yang berorientasi pada peningkatan pendapatan dan meringankan beban masyarakat dalam mengusung budaya yang melahirkan nilai-nilai mulia dalam menjaga keharmonisan hubungan antar manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Sang Maha Pencipta,” paparnya.

Booth Kabupaten Badung dalam acara gebyar wisata ke-16, menggusung tema pariwisata pantai, sangat ramai dikunjungi. Obyek pariwisata yang ditampilkan adalah Uluwatu, Hotel J4, H Sovereign dan yang menjadi daya tarik khusus adalah kehadiran kostum Pancer Langiit.

Selama kegiatan berlangsung, delegasi Badung didampingi oleh Kadib Promosi Pariwisata Badung, Wayan Sukarta. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.