PM Tiongkok dan Jokowi perlihatkan tiga maskot Asian Games 2018. (BP/dok)

BOGOR, BALIPOST.com – Dukungan terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 bertambah. Kali ini, disuarakan PM Tiongkok Li Keqiang. “Kami akan berpartisipasi secara penuh dan saya mengharapkan bisa terselenggara dengan sukses,” demikian diungkapkan PM Li dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Presiden Bogor, Senin (7/5).

Dukungan itu mendapat sambutan baik Presiden Jokowi. Menurutnya, dukungan itu nantinya membuat Asian Games tak hanya menjadi ajang pertandingan olahraga empat tahunan semata.

Tetapi juga sebagai ajang perdamaian dan persahabatan antarnegara di Asia. “Saya apresiasi dukungan Tiongkok. Mari jadikan Asian Games tidak hanya ajang perhelatan olahraga namun energi Asia untuk perdamaian dan persahabatan,” ucap Jokowi.

Dukungan penuh makin terlihat ketika keduanya berfoto bersama sambil sambil menunjukan maskot Asian Games. Bhin Bhin, Atung, dan Kaka. Sambil tersenyum, keduanya mengangkat tiga maskot tersebut. Dalam kesempatan ini, Jokowi memegang Bhin-Bhin dan Kaka. Sementara PM Tiongkok Li memegang Atung.

Baca juga:  Jangka Panjang, Pemerintah Harus Pikirkan Sumber Pendapatan Pengungsi

Bhin Bhin, Atung, dan Kaka adalah tiga maskot hasil karya anak bangsa yang diusung Indonesia dalam Asian Games 2018. Ketiganya merupakan cerminan dari tiga energi atau kekuatan yang berbeda yang semuanya berpadu menjadi satu dalam ajang olahraga tertinggi se-Asia.

Bhin Bhin, seekor burung Cenderawasih, merupakan representasi dari strategi. Dalam perwujudannya sebagai maskot, ia mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua.

Sementara Atung adalah seekor rusa bawean yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Adapun wujud Kaka, diambil dari badak bercula satu. Tentu saja ia mewakili representasi kekuatan. Kaka tampak mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang. (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.