JAKARTA, BALIPOST.com – Memperingati Hari Yoga Internasional yang diperingati tiap 21 Juni, 10 kota akan menggelar yoga massal. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Dubes India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat.

Sebagai tuan rumah Hari Yoga Internasional, kata Menpar, mempunyai arti penting dalam meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan India, yang memiliki kesamaan mengembangkan budaya olahtubuh yoga. “Tahun 2019 mendatang adalah tahun yang sangat istimewa menandai hubungan bilateral yang baik selama 70 tahun. Event Yoga Festival memiliki arti penting dalam meningkatkan hubungan kedua negara,” kata Menpar.

Dengan tema acara “Sepuluh Kota, Sepuluh Hari, Menyatukan Dua Puluh Ribu Pencinta Yoga ; Mempromosikan Kesehatan dan Kebahagiaan Melalui Yoga,” puncak perayaan event ini akan diselenggarakan di Candi Prambanan, Yogyakarta pada Minggu (24/6). Lebih dari 10 ribu peserta akan mengikuti berbagai sesi Yoga diperagakan oleh para guru Yoga dari India yang telah dilatih secara profesional sesuai dengan Standar Protokol Umum Yoga dari Hari Yoga Internasional.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, Yoga telah menarik banyak orang untuk mulai berlatih, termasuk masyarakat di Indonesia. Bahkan komunitas dan para praktisi Yoga di Indonesia dan India, pertumbuhannya secara bersamaan, sehingga membawa hubungan kedua negara ini lebih dekat. “Pada Februari 2018 yang lalu, kami mengirim dua seniman terbaik, yakni Anjasmara dan Ayu Laksmi, untuk menghadiri Festival Yoga Internasional di Rishikesh, India,” kata Arief Yahya.

Baca juga:  Bulan Depan ke Bali? Jangan Lewatkan Festival Tepi Sawah 2017

Kemenpar menetapkan pasar India sebagai Top-5 penghasil wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dengan urutan; China, Eropa, Australia, Singapura, dan India. Tahun lalu, China menempati urutan pertama dengan memberikan kontribusi sebanyak 1,9 juta wisman.

Sedangkan India sebanyak 485.000 wisman atau mengalahkan jumlah kunjungan wisman dari Korea ke Indonesia sebanyak 379.000. Padahal, penerbangan langsung dari India ke Indonesia tahun lalu tidak ada.

Event Yoga Festival 2018 dalam menyambut Hari Yoga Internasional ke-4 di Indonesia akan berlangsung di 10 kota di antaranya; Malang (22/4), Jakarta (28/4), Yogyakarta (5/5), Bandung (9/6k), Bali (16-17/6), Surabaya (21/6), Jakarta (23/6), Medan (24/6), Yogyakarta (24/6), dan Surabaya (10/8). (Nikson/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.