Made Gede Wisnu Wijaya. (BP/dok)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Gianyar meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas Prestasi Kinerja Status Sangat Tinggi Bintang Dua dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Penilaian dilakukan Kemendagri berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2016.

Penghargaan ini diberikan sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100 – 53 Tahun 2018 tentang Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional Tahun 2016. Di mana Pemkab Gianyar meraih peringkat ke-43 secara nasional dengan skor 3,3251 yang mana batas atas skor kinerja tertinggi adalah 3,7500.

Dengan peringkat 43 secara nasional dan skor 3,3251, Pemkab Gianyar menduduki peringkat pertama sebagai kabupaten dengan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tertinggi se-Bali. Disusul Pemkab Jembrana dengan skor 3,2720, Badung 3,2065, Buleleng 3,2046, Klungkung 3,1677, Denpasar 3,1530, dan Tabanan 3,0100.

Pemberian penghargaan dilangsungkan dalam acara Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (25/4). Acara tersebut diadakan sekaligus untuk memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-22. Hari Otda diperingati setiap tahunnya pada 25 April.

Baca juga:  AHM Raih 3 Penghargaan IPRA 2017

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengatakan, peringatan Hari Otda merupakan suatu cara untuk pemerintah pusat bisa memonitor, sekaligus mengevaluasi kinerja pemerintah daerah setiap tahunnya. Sumarsono juga mengatakan, penilaian ini adalah yang paling komprehensif guna memberikan penghargaan terhadap sejumlah daerah dengan kinerja penyelenggaraan pembangunan daerah dan sosial kemasyarakatan.

Penerima penghargaan untuk Pemkab Gianyar diwakili oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Wayan Suardana, S.Sos., MAP. Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya mengucap syukur atas prestasi kinerja yang diraih Pemkab Gianyar.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh OPD yang sudah berkinerja dengan baik sehingga prestasi ini dapat diraih, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi seluruh OPD untuk selalu berkinerja baik dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kesejahteraan masyarakat makin dapat ditingkatkan,” ucap Sekda Wisnu Wijaya. (Adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.