Putri Cempaka dan Kadek Kadin Jegeg Bagus Gianyar 2018. (BP/ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Setelah melalui seleksi yang sangat ketat, Ni Wayan Putri Cempaka Karisma F. dan I Kadek Kadin Suartana Billington terpilih sebagai Jegeg Bagus (Jebag) Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2018. Pasangan Jebag asal Ubud ini, menyisihkan 9 pasang finalis lainnya pada malam final di Open Stage Balai Budaya, Gianyar, Minggu (22/4).

Pada acara Grand Final yag dihadiri Penjabat Bupati Gianyar I Ketut Rochineng mendapat perhatian besar masyarakat setempat, bahkan banyak suporter dari masing-masing pasangan memadati area Open Stage.

Ni Wayan Putri Cempaka Karisma yang kini semester II Jurusan Psikologi Unud dan Kadek Kadin Suartana Billington yang masih duduk di bangku SMA Dyatmika, telah mengikuti dua kali seleksi. Seleksi pertama memilih 20 pasang finalis dengan sistem tes tulis dan interview, dan seleksi selanjutnya memilih 10 pasang finalis dengan penilaian dari dewan juri yang terdiri dari akademisi, praktisi pariwisata, psikolog, designer, interprineur dan public  spieker.

“Dari 10 besar yang lolos selanjutnya mengikuti berbagai pembekalan, seperti koreografi serta materi seputar perkembangan pariwisata Bali, peranan kebudayaan hingga wawasan kebangsaan,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A. Ari Brahmanta usai acara.

Menurut Ari Brahmanta, pada awal seleksi hingga final, kedua finalis memang mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri dan mampu menyisihkan finalis lainnya yang juga memiliki kemampuan baik.

Ia menjelaskan, pemilihan Jegeg Bagus bertujuan menggali potensi dan kreatifitas generasi muda dalam pembangunan kepariwisatan. Selain itu, sebagai duta Kabupaten Gianyar ke ajang pemilihan Jegeg Bagus tingkat Provinsi Bali.

Sementara I Kadek Kadin Suartana Billington mengaku sangat bersyukur bisa terpilih menjadi Bagus Gianyar 2018. Untuk itu ke depan dia ingin memajukan pariwisata Gianyar. Hal yang sama disampaikan Ni Wayan Putri Cempaka Karisma  merasa bangga sekaligus senang bisa terpilih dan bertekad  menjadi yang terbaik dalam ajang serupa di Provinsi Bali.

Baca juga:  Angdes Dijadikan Angkutan Khusus Pelajar

“Setelah kami terpilih sebagai duta pariwisata, kami mengajak generasi muda untuk peduli dan bertangggung jawab melestarikan nilai nilai luhur ajaran agama, adat istiadat, seni dan budaya sehingga pariwisata Bali tetap menjadi kebanggan bangsa. Kami juga menjadi jembatan pemerintah menyebarluaskan program pembangunan kepariwisataan,” papar Ni Wayan Putri Cempaka Karisma ketika nyata aksi nyata yang akan dilakukan setelah terpilih.

Penjabat Bupati Gianyar I Ketut Rochineng memberikan apresiasi terhadap kegiatan pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2018. Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat memotivasi generasi muda untuk lebih meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan pariwisata. .

“Hal ini penting mengingat tujuan pemilihan Jegeg Bagus adalah menemukan sosok Jegeg dan Bagus yang mampu menjadi duta pariwisata dan budaya, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Ketut Rochineng yang juga berkesempatan memberikan beberapa pertanyaan kepada para finalis.

Runner Up 1 Jegeg Bagus Gianyar 2018 diraih Cokorda Istri Kumari Swari dan I Kadek Ris Ananta Kusuma dan Runner up II diraih A.A. Istri Erlika Trisnadewi dan Bagus Nanda Govinda Muria Siddhi.  Malam Grand final juga dihadiri  Mojang Jejaka Kota Bandug, Minahasa Selatan, Jegeg Bagus se-Bali serta duta pariwisata dari daerah lain. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.