Suasana UNBK SMP di Kabupaten Gianyar. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sebanyak 7.904 siswa SMP di Kabupaten Gianyar mengikuti ujian nasional Senin (23/4). Dari 43 sekolah, hanya 13 sekolah yang bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sisanya 30 sekolah masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Dari 43 sekolah ini baru ada 13 sekolah yang bisa melaksanakan UNBK, “ ucap Kadisdik Gianyar I Made Suradnya.

Dari 13 sekolah itu pun belum semuanya bisa melaksanakan UNBK mandiri. Seperti SMPN 2 Gianyar meminjam tempat di SMK N 1 Gianyar dan SMPN 3 Gianyar meminjam tempat di SMAN 1 Gianyar. Total ada 8 SMP yang meminjam tempat sekolah lain untuk UNBK. Sementara yang mandiri ada 6 sekolah. “Diantara enam sekolah ini, ada satu sekolah swasta yang bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri yakni MTS 45 Gianyar, dengan jumlah peserta ujian disekolah ini hanya 45 siswa,“ ungkapnya.

Baca juga:  Kuningan, Tiga PKBM Gelar UNBK Paket C

Sementara untuk puluhan sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK, Disdik Gianyar pun berupaya melakukan pengadaan komputer secara bertahap. “Sebenarnya kita anggarkan pengadaan komputer untuk tiga SMP, tapi karena rasionalisasi akhirnya yang lolos hanya anggaran komputer untuk SMPN 1 Sukawati,“ katanya.

Sementara pada APBD induk 2019, sekolah yang direncanakan mendapat hibah komputer SMPN 1 Tegalalang, SMPN 1 Payangan dan SMPN 3 Gianyar. “Harapan saya minimal setiap kecamatan itu ada satu sekolah yang bisa melaksanakan UNBK,” katanya. (manik astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.