Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan bersama dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun. (BP/ist)

JAKARTA, BALIPOST.com – Untuk memperkuat posisi tawarnya, Palestina meminta agar pemerintah Indonesia dan PDI Perjuangan selaku partai pengusung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dapat memindahkan Kedutaan Besar RI ke Yerusalem. “Ada harapan dari Kedutaan Palestina d Indonesia agar ada representasi Kedubes Indonesia di Yerusalem. Aspirasi tersebut akan kami sampaikan kepada Presiden Jokowi,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan bersama dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun usai pertemuan silaturahmi di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (18/4).

Saat ini kantor perwakilan pemerintah Indonesia untuk Palestina masih berstatus konsulat jenderal kehormatan (konhor) dan berkedudukan di Aman, Yordania. Nantinya, Palestina berharap ada peningkatan status kantor perwakilan Indonesia dari konhor menjadi kedubes dan kedudukannya dipindah berada di Ibukota Palestina yaitu di Yerusalem Timur.

Baca juga:  Dirobek dan Dibakar, Baliho Ganjar dan Dua Caleg Srikandi PDIP di Pohsanten

Hasto mengatakan mendukung keinginan dari pemerintah Palestina tersebut. Karena sejak Presiden pertama RI Soekarno, Indonesia terus berupaya memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Termasuk Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang juga konsisten membela perjuangan rakyat Palestina.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan juga menginisiasi kerjasama antarpalemen (joint committee) untuk sama-sama memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Kerjasama antara DPR RI dan parlemen Palestina ini nantinya akan menggalang kekuatan dari parlemen negara lain yang menolak penjahahan Israel atas negara tersebut.

Baca juga:  Megawati: Salam Tiga Jari Itu "Metal"

Kerjasama antarparlemen ini merupakan saluran baru untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina yang selama ini hanya hanya mengandalkan Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Selain kerjasama antarparlemen, PDI Perjuangan juga mengusulkan kerjasama antarpolitisi dua bangsa, yakni dalam bentuk pelatihan bersama. “Penyelesaian Palestina secara menyeluruh tanpa Yerusalem (ibukota Palestina) tidak ada artinya,” imbuhnya.

Zuhair Saleh Muhammad Al-Shun, berterima kasih atas kepedulian PDI Perjuangan dan seluruh rakyat Indonesia yang terus memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina. Bahkan, kepedulian itu dirasakan semakin tinggi. “Saya melihat dan bisa merasakan PDI Perjuangan semakin peduli mengenai masalah Palestina. Dan rakyat Indonesia peduli kemerdekaan dan penjajahan di Palestina,” kata Zuhair.

Baca juga:  Puluhan Ribu Kematian Disebabkan Karena Polusi Udara

Menurutnya, bangsa Palestina tidak asing dengan Indonesia karena merupakan “saudara dalam perjuangan.” Ia juga menyambut baik inisiasi yang dilakukan PDI Perjuangan untuk membentuk kerjasama antarparlemen (joint committee), sebagai saluran baru perjuangan kemerdekaan Palestina.

Selain Hasto, pertemuan juga dihadiri Ketua DPP Bidang Luar Negeri Andreas Pareira, Ketua DPP Bidang Bappilu Bambang DH, Ketua DPP Bidang Keagamaan yang juga Ketum PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Prof. Hamka Haq dan Sekum Bamusi, Nasyirul Falah Amru. (Hardianto/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *