Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto meresmikan Datasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Kodam IX/Udayana, Kamis (12/4). (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto meresmikan Datasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Kodam IX/Udayana, Kamis (12/4). Satuan kavaleri yang sebelumnya setingkat kompi yang sudah ada, dikembangkan menjadi detasemen. Dimana kekuatannya ditingkatkan menjadi tiga kompi serta ada penambahan alutsista.

Menurut Mayor Jenderal TNI Benny Susianto, sebagai pembina kekuatan, Kodam IX Udayana senantiasa melakukan pengkajian penataan dan pembinaan organisasi satuan di jajaran secara terarah. Hal itu dalam rangka menghadapi setiap bentuk potensi ancaman yang mungkin timbul di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Pembangunan kekuatan dan penataan kekuatan di jajaran Kodam IX/Udayana merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus segera diwujudkan. Karena Bali sebagai estalase Indonesia, bahkan orang sering kali lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Selama ini, Bali sebagai destinasi wisata dan juga sering dijadikan sebagai tempat pelaksanaan even Berskala nasional dan Internasional, sehingga memerlukan pengamanan VIP dan VVIP yang extra serta personel yang lebih banyak. “Keamanan dan kenyamanan wilayah Kodam IX/Udayana khususnya Bali, harus tetap terjaga dengan baik,” kata Pangdam.

Baca juga:  Pangdam : Aktivitas Galian C di KRB Segera Ditutup

Dikatakan, Kepala Staf Angkatan Darat melalui Perkasad nomor 57/2017 tanggal 4 Oktober 2017 tentang penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD, dibentuklah Datasemen Kavaleri di wilayah Bali. Dengan nama Datasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Kodam IX/Udayana. Langkah ini merupakan salah satu solusi yang tepat dalam rangka mengoptimalkan peran dan tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Terkait penambahan alutsista Pangdam mengaku penambahannya akan dilakukan secara bertahap. Untuk kebutuhan dua kompi alutsistanya sudah disiapkan. Setiap kompi 13 kendaraan tempur.

Sementara, untuk kesiapan menghadapi tahun politik dan IMF annual meeting penambahan kekuatan ini merupakan langkah yang sangat strategis. Dengan kehadiran detasemen ini, juga memberi kepercayaan kepada negara peserta IMF bahwa Bali memberi jaminan aman. (yudi kurnaedi/balipost)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.