SINGARAJA, BALIPOST.com – Kelompok Kerja Guru SD dan Forum Tutor Buleleng menyerahkan master naskah soal USBN kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Kamis (29/3). Acara yang dipusatkan di SMPN 1 Singraja ini dihadiri Kepala Disdikpora Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd. didampingi Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF, Dra. Nengah Pujiani, MAP, Kasubag Perencanaan, Ida Bagus Gede Surya Bharata, S,Pd.,MAP.

Koordinator Penyusunan Soal USBN SD, I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati, M.Pd. mengatakan pihaknya telah menyelesaikan tugas dalam penyusunan soal USBN SD untuk 3 Mapel yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Tahapan penyusunan diawali dari pembuatan kartu soal, penyusunan bank soal dan perakitan soal. Soal yang dibuat menggabungkan soal yang disusun KKG dengan soal anchor yang diberikan BSNP Pusat. Komposisinya, 75 sampai 80 persen lokal, dan 20 sampai 25 persen pusat.

Baca juga:  SD 2 Tiying Gading Tak Gelar USBN

Kadisdikpora Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, filosofi dari sebuah evaluasi adalah adanya kesesuaian antara alat ukur yang digunakan dengan kondisi ketuntasan belajar siswa. Di samping itu, menjaga integritas dalam evaluasi lebih penting dibandingkan sekadar nilai tinggi yang diperoleh dengan cara-cara yang tidak dibenarkan.

Pada intinya ada titik temu antara integritas dengan prestasi, yang mencerminkan kondisi ideal sebuah proses Pendidikan yang berkarakter. (Mudiarta/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.