Warga mengikuti yoga di Renon. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Cakupan yoga ternyata sangat luas. Seluas, manfaat yoga bagi kehidupan.

Yoga tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik tapi juga rohani dan mental. Bahkan ada senam yoga khusus untuk awet muda yang disebut Senam Tibet.

Instruktur Prana, dr. Ketut Ayu, MARS memaparkan, yoga merupakan bagian dari prana. Selain gerakan tubuh juga mengatur nafas. Prana dapat menjadi penyembuh penyakit.

Namun prana bukanlah pengobatan alternatif namun komplementer, melengkapi pengobatan medis yang lain. “Tidak menggantikan pengobatan lain,” ujarnya.

Prana adalah proses menyalurkan energi prana ke orang lain. Dengan menyalurkan energi prana tersebut dapat membersihkan aura-aura negatif dalam tubuh seseorang.

Ilmu prana dapat menyembuhkan orang lain atau menyembuhkan diri sendiri. “Pengobatan prana dengan melihat tubuh pasangan yoga di depan kita. Lalu lakukan gerakan-gerakan pembersihan. Kita sebut menyapu aura negatif. Kita sapu dari ujung kepala sampai kaki. Tapi sebelum membersihkan, tangan harus bersih,” ungkapnya.

Baca juga:  Digembleng, Fisik 70 Calon Paskibra Denpasar

Pembersihan aura negatif ini dikatakan bisa dilakukan jarak jauh. Namun untuk sampai pada tahapan ini, ada yoga asana dan pengaturan nafas yang harus dilakukan. Bahkan untuk tujuan ketenangan pikiran, tahapan yoga lainnya adalah meditasi.

Dalam gerakan-gerakan yoga asana juga ada gerakan untuk awet muda. Namun yoga secara khusus untuk awet muda ia sebut senam tibet. (Citta Maya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.