Lumpuh
Penyerahan kursi roda dari K3S Tabanan oleh Kadisos Tabanan didampingi Anggota DPRD asal Marga. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Rasa bahagia tampak terpancar dari raut wajah I Wayan Juni Artawan, anak berusia 13 tahun, putra dari I Wayan Jarna dan Ni Nyoman Sukarini, warga Banjar dinas Pekilen, kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan.

Pasalnya, ia mendapat bantuan kursi roda dari program Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Tabanan. Bantuan tersebut, Jumat (23/3) diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan didampingi Anggota DPRD Tabanan asal Marga, I Putu Eka Nurchayadi.

Dari penuturan kedua orang tua Juni Artawan, putranya lumpuh sejak kelas IV SD, tepatnya di SD Selanbawak, Marga. Untuk berangkat ke sekolah pun, Juni Artawan tiap hari diantar oleh orang tuanya. Meski dengan kekurangan yang dimiliki, Juni Artawan bukan sosok yang menyerah. Ia bahkan tekun mengikuti semua proses pembelajaran yang didapatnya di bangku sekolah. Bahkan menurut keterangan kepala SD tempat, Juni Artawan mengenyam bangku pendidikan, Juni merupakan sosok siswa berprestasi.

“Kalau biasanya dia tidak bisa kemana mana saat istirahat sekolah ataupun saat menunggu jam pelajaran dimulai, kini dengab kursi roda ini minimal dia bisa bergerak kemanapun dia inginkan,” beber Kadisos Tabanan, I Gede Gunawan.

Baca juga:  Penyandang Disabilitas, Ini Pesan Kadek Manis Untuk Generasi Muda

Terkait pemberian bantuan program K3S ini, mantan Kadisdukcapil Tabanan ini mengatakan tahun 2018 ini setidaknya ada tujuh orang anak yang akan mendapatkan bantuan. Tidak hanya kursi roda, bisa saja tongkat ketiak (penyangga), alat bantu dengar dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Gunawan berharap agar bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.  “Kami harap bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan baik, kami merasa sangat senang bisa membantu meskipun jumlahnya tidak banyak,” ucapnya.

Pihaknya juga mengajak kepada semua pihak agar ikut peduli terhadap orang-orang yang membutuhkan, sehingga dapat meringankan beban mereka. Apalagi, kepedulian terhadap sesama bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun menjadi tanggung jawab bersama.

Disisi lain pihak keluarga sangat menyambut senang dan mengucapkan terima kasih atas bantuan kursi roda yang diberikan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada K3S Tabanan. Bantuan kursi roda ini sangat membantu anak saya dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” ungkap Jarna, ayah Juni Artawan. (puspawati/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.